Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu sore ditutup melemah tipis seiring kebijakan pengetatan aktivitas ekonomi oleh pemerintah.

Rupiah ditutup melemah 5 poin atau 0,04 persen ke posisi Rp14.125 per dolar AS dari posisi penutupan hari sebelumnya Rp14.120 per dolar AS.

"Dengan informasi bahwa tidak adanya PSBB ketat, membuat pelaku pasar kembali masuk ke pasar finansial dalam negeri," kata Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Rabu.

Pemerintah akan menerapkan kebijakan pengetatan terukur dan terkendali hanya khusus di Natal dan Tahun Baru, bukan menerapkan PSBB ketat.

Pengetatan aktivitas masyarakat secara terukur dan terkendali meliputi WFH 75 persen, pelarangan perayaan Tahun Baru seluruh provinsi, dan pembatasan jam operasional mal, restoran, tempat hiburan sampai pukul 19.00 WIB untuk Jabodetabek dan 20.00 WIB untuk zona merah di Jabar, Jateng dan Jatim.

Kebijakan pengetatan itu dapat dimulai pada 18 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021 mendatang.

Baca juga: Harga emas melonjak 23,2 dolar, terangkat harapan adanya stimulus AS

Dari eksternal, perkembangan vaksin COVID-19 juga meningkatkan sentimen risiko. Vaksin COVID-19 mRNA-1273 milik Moderna Inc tampaknya akan menerima otorisasi peraturan AS dalam minggu ini.

AS juga memperluas program peluncurannya untuk BNT162b2, vaksin yang dikembangkan oleh Pfizer Inc dan BioNTech SE pada Selasa, yang dapat melihat ribuan lebih petugas kesehatan diinokulasi.

Di AS, harapan juga meningkat untuk kesepakatan lain, proposal bipartisan senilai 748 miliar dolar AS untuk bantuan COVID-19. Sebelum menangani proposal tersebut, Kongres memulai pertemuan kedua pada Selasa untuk menyelesaikan tagihan pengeluaran 1,4 triliun dolar AS untuk tahun fiskal yang dimulai pada 1 Oktober. RUU pengeluaran harus disahkan pada Jumat, menjelang langkah-langkah untuk mencegah penutupan pemerintah.

Sementara itu, Kepala negosiator Brexit Uni Eropa Michel Barnier mengatakan Selasa bahwa dia melihat "jalan sempit" menuju kesepakatan, jika kedua belah pihak menyelesaikan perbedaan mereka. Namun, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengulangi bahwa hasil pembicaraan yang paling mungkin adalah tidak ada kesepakatan.

Rupiah pada Rabu pagi dibuka melemah ke posisi Rp14.110 per dolar AS. Sepanjang hari, rupiah bergerak di kisaran Rp14.110 per dolar AS hingga Rp14.137 per dolar AS.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Rabu menunjukkan, rupiah menguat menjadi Rp14.151 per dolar AS dibandingkan hari sebelumnya di posisi Rp14.171 per dolar AS.

Pewarta: Citro Atmoko

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020