Karawang, (Antaranews Bogor) - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengalokasikan anggaran pengamanan pemilihan kepala desa serentak di 177 desa sekitar Rp2,8 miliar agar pelaksanaan pilkades itu berjalan lancar.

"Anggaran pengamanan itu disebar di sejumlah instansi," kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Karawang Akhmad Hidayat ketika dihubungi di Karawang, Sabtu.

Dari alokasi anggaran pengamanan pemilihan kepala desa (pilkades) Rp2,8 miliar tersebut, kata dia, anggaran sekitar Rp2,1 miliar di antaranya untuk Polres Karawang.

Selanjutnya, untuk Kodim 0604 Karawang sekitar Rp550 juta--Rp600 juta, dan anggaran pengamanan pilkades sekitar Rp100 juta-Rp125 juta untuk Subdenpom Karawang.

Dengan dialokasikan anggaran pengamanan yang relatif cukup besar itu, dia berharap pelaksanaan pilkades serentak pada bulan Februari 2015 bisa berjalan lancar.

Kapolres Karawang AKBP Daddy Hartadi mengatakan bahwa pihaknya siap mengamankan pelaksanaan pilkades, yakni sejak menjelang, hari-H, hingga pascapemilihan.

Ia mengingatkan agar seluruh polsek di Karawang bisa mengantisipasi kemungkinan terjadinya kericuhan dan pengerahan massa calon kepala desa.

Catatan Polres Karawang, dari 177 desa yang akan menggelar pilkades, sebanyak 32 desa di antaranya rawan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015