Cibinong, (Antaranews Bogor) - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terus menjaga secara ketat aset pemerintah khususnya yang berada di lokasi dengan nilai jual objek pajak tinggi.

"Karena banyak oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang berusaha untuk mengalihkan penggunaan lahan tersebut dan kepemilikannya," kata Staf Ahli Bidang Pemerintahan Kabupaten Bogor Herdi di Cibinong, Rabu.

Saat memberikan paparan ketika menerima kunjungan kerja DPRD Kabupaten Ciamis ke Pemkab Bogor, ia pihaknya menjaga aset pemerintah dengan sangat hati-hati, baik dalam bentuk bangunan maupun lahan.

Di samping itu, juga menjaga kelengkapan surat administrasi aset-aset tersebut.

"Agar surat hak milik tidak mudah dimanipulasi oleh pihak tidak bertanggung jawab. Alhamdulilah aset kami yang ada di Kabupaten Bogor tetap terjaga dengan baik," kata Herdi .

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Ciamis Imam Danang Kurnia menjelaskan kunjungan kerja ke Pemkab Bogor itu adalah studi untuk mempelajari tentang cara Pemkab Bogor dalam menjaga aset milik pemerintah.

Termasuk di dalamnya, kata dia, cara penanganan Pemkab Bogor ketika aset pemerintah diambil alih pihak swasta tanpa izin.

Menurut Imam, di Kabupaten Ciamis mulai marak peristiwa hilangnya aset pemerintah tanpa izin, akibat ulah para oknum yang tidak bertanggung jawab.

Untuk itu, studi banding dilakukan ke Pemkab Bogor sebagai upaya untuk menjaga agar aset milik Pemkab Ciamis tetap terjaga dengan baik.

Terlebih, banyaknya aset Pemkab Ciamis, yang perlu penanganan ekstra agar aset tersebut tetap utuh dan tidak hilang.

Ia mengatakan hal itu juga meningkatkan para pengusaha untuk melakukan investasi.

Oleh karena itu, aset-aset milik pemerintah harus dijaga dengan baik. Agar tidak beralih fungsi atau pun diambil alih oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Menurut Imam banyak ilmu dan pengetahuan yang didapat dari hasil kunjungan tersebut.

Salah satu upaya untuk menjaga aset pemerintah tersebut, yaitu dengan membentuk Satgas Khusus.

Keberadaan Satgas itu, sangat bermanfaat dan membantu dalam menjaga aset pemerintah yang ada.

"Kami banyak belajar, dengan wilayah Pemkab Bogor yang sangat luas. Mereka mampu menjaga aset dengan baik, ini memotivasi kami untuk menjaga aset kami lebih kuat lagi," katanya.

Pewarta: Andi Jauhari

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015