Video - ANTARA News bogor

Aksi teatrikal si belut putih di Bekasi, kenang kepahlawanan KH Noer Ali

Aksi teatrikal dan arak-arakan bertema perjuangan "Si Belut Putih", julukan bersejarah untuk tokoh pahlawan nasional asal Kabupaten Bekasi KH Noer Alie, berlangsung di sepanjang Jalan Raya Haji Nausan hingga Jalan Suropati di Tambun Utara, Bekasi, Jawa Barat pada Sabtu 19 Agustus 2023. 

Pertunjukan digelar oleh Komunitas Ontel bersama warga Tambun Utara dalam rangka mengenang jasa para pahlawan khususnya asal Kabupaten Bekasi sekaligus memeriahkan peringatan HUT ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. 

"Apresiasi atas inisiatif warga khususnya di Tambun Utara melalui pertunjukan teatrikal jalanan mengenang kisah heroik Kyai Haji Noer Alie, pejuang berjuluk Si Belut Putih," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan. 

 Dia mengatakan pertunjukan teatrikal tersebut menjadi gambaran betapa gigih perjuangan KH Noer Ali dalam mengusir penjajah. Sebuah kisah kepahlawanan yang patut dikenang dan diabadikan oleh generasi penerus.

 Ketua Panitia Yandi Liami alias Andi Godil mengungkapkan teatrikal jalanan ini menceritakan aksi perjuangan Laskar Hizbullah di bawah pimpinan Pahlawan Nasional asal Kabupaten Bekasi KH. Noer Ali dalam melawan pasukan Belanda yang dikenal dengan perjuangan Karawang Bekasi. 

"KH Noer Alie dijuluki Si Belut Putih lantaran sulit ditangkap pasukan Belanda," kata Andi Godil.
Suasana haru pun menyelimuti pertunjukan teatrikal tersebut saat seorang peserta membacakan puisi Karawang Bekasi karya Chairil Anwar dengan iringan lagu Gugur Bunga. 

Rangkaian kegiatan yang dimulai dari Jalan Raya Haji Nausan itu berakhir di Jalan Suropati Tambun Utara. Acara dilanjutkan dengan doa bersama tepat di makam Haji Nausan, Bupati pertama Kabupaten Bekasi. Teaterikal jalanan ini kali pertama digelar di wilayah Kecamatan Tambun Utara selama 78 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Acara seperti ini dijadwalkan akan terus digelar setiap memperingati HUT Kemerdekaan RI.

(Antara TV Megapolitan/Praditya Kurniawan Syah/Mutia Mellani/Budi Setiawanto)