Video - ANTARA News bogor

PMI Sukabumi bantu salurkan air bersih

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi menyalurkan ribuan liter air bersih ke daerah kekeringan di Kampung Padaasih, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Selasa sore, 8 Agustus 2023. 

"Penyaluran air bersih ini atas permintaan warga Padaasih, Kecamatan Cisaat yang hampir dua bulan kesulitan mendapatkan air bersih," kata Staf Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Sukabumi Dikdik Maulana. 

Untuk di Kampung Padaasih PMI menyalurkan sekitar 10 ribu liter air bersih yang didistribusikan ke dua RW yakni RW 04 dan 05 untuk kebutuhan sekitar 500 kepala keluarga atau 1.500 jiwa. 

Karena banyaknya jumlah warga yang antre untuk mendapatkan air bersih ini, pihaknya harus dua kali balik ke lokasi karena truk tanki yang digunakan hanya berkapasitas 5 ribu liter. 

Sementara, salah seorang warga RT 13, RW 04 Kampung Padaasih Iteung mengatakan sudah dua bulan ini warga di kampungnya kesulitan mendapatkan air bersih. Bahkan harus memanfaatkan air sungai yang hanya digunakan untuk mencuci pakaian dan mandi saja, karena tidak layak untuk konsumsi.

(Antara TV Megapolitan/Aditia Aulia Rohman/Mutia Mellani/Budi Setiawanto)