Bantuan untuk korban bencana di Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor Jawa Barat masih berdatangan meski peristiwa longsor dahsyat di awal tahun 2020 itu sudah berlalu hampir enam bulan.

Terbaru, Jumat (8/5) datangnya dari Asosiasi Penambang Rakyat Indonesia (APRI) yang menyalurkan bantuan berupa bahan pokok, bahan bangunan (asbes), dan bahan bakar untuk  alat berat .

Baca juga: Pemkab Bogor bangun 2.704 hunian sementara untuk korban bencana Sukajaya

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) APRI, Gatot Sugiahrto, mengatakan, bantuan yang disalurkan itu ditujukan hanya kepada warga di Desa Cileuksa, Kecamatan Sukajaya, yakni sebanyak 200 paket sembako.

"Ini hanya bagian rasa peduli kita terhadap sesama untuk korban banjir, terlebih saat ini sedang pandemik COVID-19. Kami memilih lokasi titik terparah, karena di lingkungan Cileuksa ini paling parah  saat diterpa banjir dan longsor," kata Gatot.

Baca juga: Bantuan logistik ke kampung terisolasi Bogor disalurkan gunakan "flying fox"

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) APRI Kabupaten Bogor, H Yanuar Lesmana menyebutkan bahwa bahan bakar jenis solar yang disalurkan itu sebanyak 5.000 liter untuk alat berat yang hingga kini masih aktif membersihkan material rumah dan jalan.

"Bantuan tersebut merupakan hasil swadaya H.Jalaludin dan rekan-rekan, yang merupakan anggota APRI Kabupaten Lebak. Kegiatan tersebut bertema Peduli pengusaha Tambang terhadap masyarakat yang terdampak bencana banjir bandang dan tanah longsor awal tahun lalu," tuturnya.

Ia berharap, dengan bantuan tersebut bisa meringankan masyarakat di Cileuksa Kecamatan Sukajaya, dalam menyambung kehidupan sehari-hari pascabencana.

Baca juga: Korban bencana Sukajaya Bogor diberikan konseling dan pemulihan trauma

Seperti diketahui, Kecamatan Sukajaya merupakan wilayah terdampak bencana awal tahun 2020 dengan kerusakan paling parah dibandingkan tiga kecamatan lainnya di wilayah barat Kabupaten Bogor, yakni Kecamatan Nanggung, Cigudeg, dan Kecamatan Jasinga.

Peristiwa longsor dan banjir bandang yang terjadi pada Rabu (1/1) itu mengakibatkan kerusakan pada ribuan rumah masyarakat, jika dirinci, sebanyak 1.092 unit rusak berat, 1.625 unit rusak sedang, dan 1.334 unit rusak ringan.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020