Cibinong, (Antaranews Bogor) - Pemerintah Kabupaten Bogor telah menyiapkan anggaran sebesar Rp105 miliar untuk membantu rencana pemekaran daerah otonomi baru (DOB) Kabupaten Bogor Barat.

"Kabupaten Bogor sebagai daerah induk memberikan bantuan dana operasional dengan total Rp105 miliar untuk tiga tahun berturut-turut, usai pengesahan Undang-Undang DOB Kabupaten Bogor Barat nanti," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Adang Suptandar di Cibinong, Jumat.

Ia menjelaskan, pihaknya pada Kamis (11/9) menerima kunjungan enam anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang dipimpin Wakil Ketua DPD Komite I Kamaruddin.

Delegasi DPD itu meninjau kesiapan calon DOB Kabupaten Bogor Barat.

Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Bogor Ade Ruhandi menyatakan legislatif memberikan dukungan penuh pada pemekaran DOB Kabupaten Bogor Barat.

Hal itu, kata dia, dibuktikan dengan dilakukannya dialog langsung ke DPR, Kemendagri serta DPD secara langsung untuk meyakinkan ketiga lembaga yang memiliki hak inisiatif untuk pembentukan DOB itu.

"Kami juga minta setelah kunjungan dari DPD sebagai acuan rekomendasi pemekaran KBB nanti bisa mendorong anggaran," ucapnya.

Dengan demikian, katanya, setelah mekar, Kabupaten Bogor Barat juga mendapat dukungan berupa anggaran dari pusat.

Pihaknya sangat yakin bahwa Kabupaten Bogor Barat akan segera terealisasi.

"Persyaratan menuju Kabupaten Bogor Barat sudah lengkap, sekarang tinggal menunggu persetujuan presiden. Tapi saya rasa Presiden SBY tidak akan menolak, karena ini demi kemajuan masyarakat," tuturnya.

Wakil Ketua Komite I DPD Kamaruddin menjelaskan dari sisi administrasi, kesiapan DOB Kabupaten Bogor Barat sudah cukup baik.

Sehingga, besar kemungkinannya DOB untuk dimekarkan. "Karena semua (syarat) sudah dipenuhi," ujarnya.

Sekda Adang Suptandar juga menyatakan keyakinannya akan pembentukan DOB Kabupaten Bogor Barat.

"Kami tentu menyambut baik dan sudah mengambil langkah untuk mendukung pemekaran Bogor Barat," tukasnya.

Apalagi, kata dia, pada prinsipnya secara administrasi sudah tidak ada gangguan.

Para anggota DPD yang didampingi anggota DPRD Kabupaten Bogor,

jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) terkait sempat meninjau daerah yang akan dimekarkan yaitu ke Kecamatan Cigudeg yang akan menjadi calon Ibu Kota Kabupaten Bogor Barat.

Mereka juga menuju tapal batas antara calon Kabupaten Bogor Barat di Kecamatan Tenjo dan Kabupaten Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Pewarta: Andi Jauhari

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014