Cibinong, (Antaranews Bogor) - Wakil Bupati Bogor Nurhayanti menyatakan bahwa DPRD dan pemerintah daerah memiliki kedudukan dan fungsi yang seimbang.

"Diharapkan dalam praktiknya berjalan seiring sejalan antara dinamika politik di satu pihak dengan tatanan pemerintah daerah di pihak lain," katanya di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat.

Nurhayanti mewakili Gubernur Jawa Barat Achmad Heryawan pada Rabu (27/8) hadir pada pelantikan 50 anggota DPRD masa bakti 2014-2019.

Pelantikan anggota DPRD itu dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Cibinong Diah Lastri Dewi, pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Bogor dalam rangka pengucapan sumpah atau janji anggota DPRD Kabupaten Bogor masa bakti 2014-2019.

Wabup mengatakan dengan kedudukan tersebut terjadi pola keseimbangan pengelolaan pemerintah daerah, sehingga yang dilakukan dapat memberikan manfaat secara signifikan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ia mengatakan dengan telah resminya anggota DPRD Kabupaten Bogor masa jabatan 2014-2019 bertugas, diharapkan agar roda pemerintahan dan pembangunan di daerah itudapat terselenggara dengan baik dan lancar.

Pihaknya mengharapkan kepada anggota DPRD harus dapat menjalankan

jabatan dengan amanah, bekerja sama membangun kinerja pemerintahan yang visioner, responsif, inovatif, akseleratif, efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

"Bersama kita lakukan kebijakan pembangunan yang `pro-poor`, `pro-job`, `pro-growth`, dan `pro-environment`," katanya.

Dengan demikian, kata dia, baik eksekutif maupun legislatif dapat menghadirkan kemajuan pembangunan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Mari kita jalin kemitraan yang sinergis dengan semua pemangku kepentingan, baik pemerintah pusat, provinsi, DPRD, pihak swasta, akademisi dan masyarakat," katanya.

Ia juga mengajak seluruh pemangku kepentingan pembangunan daerah untuk bersama-sama mengawal, memberikan dukungan konstruktif, dan berperan aktif dalam menciptakan situasi yang kondusif.

"Sehingga agenda-agenda pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Bogor dapat berjalan dengan lancar dan mencapai sasaran secara optimal demi terwujudnya Bogor sebagai kabupaten termaju di Indonesia," katanya.

Dari 50 anggota DPRD masa bakti 2014-2019, sebanyak 29 orang adalah wajah baru, dan 21 lainnya merupakan wajah lama.

Pewarta: Andi Jauhari

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014