Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) membagikan beras seberat 14 ton kepada warga dengan kategori kelompok miskin kota di Kabupaten dan Kota Bekasi.

Kepala Cabang ACT Bekasi Ishaq Maulana dalam keterangan pers di Jakarta, Jumat, mengatakan kegiatan bertajuk operasi beras gratis ini melibatkan prajurit TNI dari Kodim 0507 Kota Bekasi dan Koramil 09 Cibarusah, Kabupaten Bekasi.

"Wilayah pendistribusian meliputi dua kecamatan di Kota Bekasi yakni Kecamatan Mustika Jaya dan Kecamatan Bantar Gebang. Untuk wilayah Kabupaten Bekasi pembagian dilakukan di Kecamatan Cibarusah," kata Ishaq.

Baca juga: Kabupaten Bekasi menerima bantuan 5.000 APD

Ishaq mengatakan 14 ton beras tersebut terdiri atas 2.800 paket berisi lima kilogram beras tiap paketnya yang dibagikan kepada masing-masing 1.400 kepala keluarga baik Kota maupun Kabupaten Bekasi.

Selain beras seberat lima kilogram paket bantuan itu juga berisikan 2.000 botol cairan pembersih tangan atau hand sanitizer dan 6.000 unit masker.

"Diharapkan bantuan gratis ini dapat mengurangi beban masyarakat menengah ke bawah di tengah dampak wabah corona yang terjadi," ucapnya.

Beras bantuan itu diambil dari Lumbung Beras Wakaf Blora dan Karawang hasil dari program turunan Operasi Pangan Gratis.

Baca juga: Indocement beri bantuan disinfektan untuk desa-desa di Bogor

Dalam penanggulangan wabah Corona virus disease 2019 (COVID-19), ACT tidak hanya melihat dari aspek kesehatan tetapi juga aspek sosial ekonomi.

Camat Mustika Jaya Gutus Hermawan mengapresiasi aksi yang dilakukan ACT dengan membagikan beras gratis sebab menurutnya dampak COVID-19 tidak hanya terjadi pada aspek kesehatan melainkan juga ekonomi.

"Alhamdulillah saya mewakili masyarakat mengucapkan sangat berterima kasih kepada ACT dan TNI. Bantuan kecil kalau tepat sasaran itu akan lebih bermanfaat dan mengena," ungkapnya.

Program Operasi Beras Gratis secara resmi dilepas pada Kamis (2/4) di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Pelepasan tersebut dihadiri oleh jajaran direksi ACT dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Total bantuan yang dibagikan untuk wilayah Jabodetabek sebanyak 1.000 ton beras.

Baca juga: Pemkab Bekasi beri bantuan logistik warga berstatus ODP Covid-19

Bantuan ini akan didistribusikan kepada 200.000 kepala keluarga di Jabodetabek yang ekonominya turut terkena imbas pandemi COVID-19.

Untuk tahap awal layanan Operasi Beras Gratis bersama Mabes TNI akan menerjunkan 10 truk TNI yang membawa beras dengan total muatan 100 ton beras yang akan dibagikan ke 10 titik termasuk Bekasi.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020