Depok,  (Antaranews Bogor) - Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Kota Depok menjamin pasokan gas tiga kilogram lancar di lingkungan masyarakat pada Ramadhan hingga Idul Fitri.

Ketua Hiswanan Migas Kota Depok Muhammad Athar Susanto di Depok, Sabtu mengatakan hingga saat ini tidak ada keluhan dari masyarakat dan juga pedagang mengenai pasokan gas tiga kilogram.

"Kami rasa pasokan gas tiga kilogram itu aman, tidak ada wilayah yang mengalami kelangkaan pasokan, bahkan kami pada bulan ini akan menambahkah pasokan gas tiga kilogram," jelasnya.

Dalam upaya pencegahan kelangkaan pasokan gas 3 Kg itu Hiswana Migas akan menambah alokasi pasokan tabung gas 3 Kg sekitar 1.428.000 dan akan ditambah 188.216 atau 336 truk sehingga jumlah alokasi yang diberikan Pertamina untuk Kota Depok bulan Juni sekitar 1.613.216 tabung.

Pasokan tabung gas 3 Kg ini dengan 336 truk itu nantinya akan disalurkan kemarin disejumlah agen di Kota Depok hingga pada 27 Juni 2014 mendatang.

Dengan adanya tambahan pasokan tabung gas 3 Kg Depok tidak pernah dipotong karena 388 pangkalan sudah diverifikasi oleh Pertamina pusat.

Untuk harga ditingkat agen besar Rp13.250 dan di tingkat pangkalan Rp14. 500, naik atau turunnya harga di tingkat pengecer penjual tergantung dari para penceger tersebut.

Athar menjelaskan kebutuhan tabung gas 3 Kg di Kota Depok itu diperkirakan mencapai 1.400.000 tabung per bulan yang distribusikan ke 338 Pangkalan di Kota Depok.

Sementara itu untuk mempersiapkan bulan Ramadhan 1345 Hijriah Hiswana Migas akan juga melakukan penambahan pasokan tabung gas 3 Kg sekitar 10 persen dikarenakan permintaa konsumen di bulan Ramadhan akan meningkat dua kali lipat seperti biasanya.

"Pada bulan Ramadhan kami akan meminta pasokan tabung gas 3 Kg, sehingga konsumen bisa menggunakan gas 3 Kg untuk kegiatan dirumahnya, dan menambah pasokan untuk para usaha mikro yang benar-benar membutuhkan tabung gas 3 Kg itu,"katanya.

Masyarakat Kota Depok untuk tidak khawatir terkait pasokan tabung gas 3 Kg, Hiswana Migas akan tetap memantau pasokan tabung gas 3 kilogram sehingga tidak terjadi kelangkaan gas 3 Kg tersebut.

Dia mengatakan pada 25 dan 27 Juni Hiswana Migas telah menambah pasokan gas sekitar 53 truk yang akan distribusikan ke wilayah Kota Depok, dengan jumlah pasokan 1.425.000 tabung akan ditambahkan 10 persen dan diperkirakan akan berjumlah 1.600.000 tabung.

"Dalam mengamankan pasokan gas selama bulan Ramadan hingga perayaan hari raya Idul Fitri kami akan membentuk satgas lebaran untuk memantau pelaksanaan distribusi pasokan gas di Kota Depok," katanya.  

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014