Semarang (Antaranews Bogor) - Kampus Universitas Diponegoro di kawasan Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, menjadi puncak sosialisasi ajang kompetisi dalam bidang konstruksi "Indocement Awards 2014", yang diselenggarakan Sabtu.

Dekan Fakultas Teknik Undip Bambang Pujianto ketika mewakili rektor membuka sosialisasi sekaligus seminar bertema "Dedikasi Untuk Bagusnya Indonesia" itu memberikan apresiasi atas sinergi antara dunia industri dan kampus itu.

"Sinergi antara perguruan tinggi, industri, pemerintah dan masyarakat seperti ini yang akan memperkuat kerja sama karena saling mendukung," katanya pada acara yang dihadiri Direktur SDM Indocement Tuggal Prakarsa (Tbk) Kuky Permana Kumalaputra, dan dua pembicara yakni ilmuwan dari Surya Institute Prof Yohanes Surya dan inovator muda Ricky Elson itu.

Melalui kerja sama sinergi, kata dia, industri bisa meningkatkan penelitian dan pengembangan (Litbang) melalui hasil riset perguruan tinggi, pemerintah terbantu dengan hasil industri, dan masyarakat juga mendapat manfaat dari produk-produk yang ramah lingkungan.

"Kami di Undip juga terus menjalin kerja sama dengan beberapa pihak lain, seperti Pertamina, SKK Migas dan juga dengan Indocement," katanya.

Bambang Pujianto pada kesempatan itu juga mengemukakan bahwa fakultas teknik di Undip memiliki belasan jurusan dan saat ini terdapat 20 program studi, sehingga hampir sepertiga kekuatan di universitas itu.

"Sampai-sampai Pak Rektor berseloroh FT (fakultas teknik) jangan `mbalelo` dengan mendirikan `Universitas Fakultas Teknik`," katanya.

Ia menegaskan bahwa dengan kekuatan sumber daya mahasiswa dan dosen yang ada, pihaknya akan terus melakukan kerja sama dengan lebih spesifik lagi untuk menghasilkan penelitian dan karya yang terkait dengan dunia industri.

Ketua Panitia Indocement Award 2014 Troy D Soputro didampingi Sekretaris Perusahaan Sahat Panggabean disela-sela acara itu menjelaskan bahwa seminar adalah rangkaian "roadshow" di beberapa perguruan tinggi terkemuka di Indonesia yang menghadirkan narasumber yang memiliki dedikasi untuk "Bagusnya Indonesia"

Kegiatan itu diharapkan dapat dijadikan panutan dan sumber inspirasi bagi mahasiswa, akademisi, peneliti, dan lain-lain untuk menciptakan masa depan yang lebih baik.

Selain seminar, kegiatan "roadshow" lainnya yang telah diselenggarakan adalah "Guest Lecture" dan "Class Presentation".

Acara seminar terakhir sejak dilaksanakan pada April diselenggarakan hanya di dua perguruan tinggi yaitu Undip dan Politeknik Negeri Bandung, Jawa Barat, sedangkan di Universitas Indonesia dilakukan "Class Presentation".

"Indocement Awards 2014" didedikasikan sebagai ajang pemberian penghargaan oleh Indocement bagi kontraktor, developer (pengembang), peneliti, mahasiswa dan individu-individu yang berhasil menunjukkan bagusnya kinerja, karya dan inovasi serta kreativitas di dunia konstruksi yang memiliki dampak positif terhadap kehidupan sosial, ekonomi, budaya dan lingkungan di Indonesia.

Kegiatan ini merupakan kegiatan dua-tahunan dan kali ini merupakan yang keempat kalinya setelah sukses sebelumnya pada tahun 2008, 2010 dan 2012.

Kategori yang dikompetisikan "Contractor Award", khusus untuk kontraktor, "Developer Award", khusus untuk pengembang/developer), "Semen Tiga Roda Writing Competition Award" untuk mahasiswa dan umum, "Semen Tiga Roda Architectural Design Competition Award" untuk umum, dan "Semen Tiga Roda Fabrication House Competition Award", khusus untuk perguruan tinggi.

Pewarta: Andi Jauhari

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014