Bekasi (Antaranews Bogor) - Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto meresmikan beroperasinya proyek sipon Kali Bekasi di Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa.

"Kehadiran sipon ini untuk memastikan ketersediaan air baku untuk kawasan DKI Jakarta dalam kondisi aman untuk dikonsumsi warga," katanya usai persemian di Bendung Kali Bekasi Jalan M Hasibuan, Bekasi Selatan.

Sipon tersebut berbentuk saluran air tertutup yang memiliki panjang 98 meter dan berada 11 meter di bawah permukaan air Kali Bekasi.

"Sipon ini akan mengalirkan� air dari saluran Tarum Barat menuju Jakarta tanpa tercampur dengan air Sungai Bekasi yang telah tercemar," katanya.

Menurut dia, konsentrasi sendimen di Kali Bekasi saat ini mencapai 5.000 mg/l, sementara itu baku standar air menurut Kementerian Pekerjaan Umum sebesar 500-2000 mg/l.

"Peresmian proyek ini juga merupakan bagian dari agenda puncak peringatan Hari Air Dunia 2014," katanya.

Selain meresmikan beroperasinya proyek sipon senilai Rp29 miliar yang bersumber dari anggaran APBN dan Asian Development Bank (ADB), Joko juga meresmikan proyek irigasi Jabung Lampung dan Gorontalo.

"Saya pribadi tidak akan menghalangi seluruh pengajuan proyek waduk dari manapun karena manfaatnya besar bagi masyarakat," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014