Para manusia bertato yang berasal dari komunitas "Baraya Tato Bogor Raya" melakukan aksi penggalangan dana di Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu, untuk para korban bencana di wilayah Barat Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Salah satu anggota Baraya Tato Bogor Raya, Gilang mengatakan bahwa melalui seni tato, ia menghasilkan keuntungan berupa uang yang kemudian disumbangkan untuk para korban bencana banjir dan longsor di Kabupaten Bogor.

"Tato itu bukan kejahatan sekarang, sudah menjadi satu kebutuhan seni untuk orang tertentu, kita juga salah satu mempererat silaturahmi tato di Bogor, kalau yang mau gabung silahkan juga kita terbuka," jelasnya.

Baca juga: Ade Yasin fokus upaya relokasi 19.821 pengungsi korban bencana

Pasalnya, tato yang dibuat oleh komunitasnya tak semua bersifat permanen, melainkan ada juga yang temporer, sehingga bisa dihapus dari anggota tubuh.

Menurutnya, penggalangan dana itu juga melibatkan komunitas lain seperti Cukur Seni Barbershop, Angkringan Smart, So Baru Kopi, Kaladin Band, Bombom Car, Semeru, Sirup, Bubur Ayam Gepris, Skuter Respon Cepat juga turut bergabung dalam penggalangan.

Masing-masing komunitas membuka stand di area yang sama, kemudian keuntungan dari masing-masing stand disumbangkan untuk keperluan korban bencana berupa tempat mandi cuci kakus (MCK) dan hunian sementara (huntara).

Baca juga: Masa tanggap darurat bencana Kabupaten Bogor diperpanjang

"Kita membuat trobosan lain, pembuatan MCK dan rumah huni sementara, karena yang dibutuhkan disana adalah itu air bersih dan huntara," kata Gilang.

Sementara itu, anggota Baraya Tato Bogor Raya lainnya, Boy menganggap bahwa kegiatan sosial itu merupakan hal yang sudah menjadi tanggung jawab bersama, tanpa melihat sisi negatif dari tato.

"Kita semua bareng-bareng, harapannya semoga ini bermanfaat nantinya untuk sodara kita, kita siap membantu," ungkapnya.

Baca juga: Bantuan korban bencana di Kabupaten Bogor masih terus berdatangan

Seperti diketahui, hujan lebat yang terjadi pada Rabu (1/1) mengakibatkan beberapa titik longsor, banjir, dan banjir bandang di Kabupaten Bogor. Khusus di wilayah Barat Kabupaten Bogor kecamatan yang terdampak yaitu Cigudeg, Sukajaya, Nanggung, dan Jasinga.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020