Sukabumi (Antaranews Bogor) - Kota Sukabumi menggelar Expo produk-produk Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah tingkat Jawa Barat di Lapang Merdeka selama satu minggu ke depan untuk mengenalkan produk unggulan KUMKM tersebut.

"Kegiatan ini tujuannya untuk membangkitkan kembali sekaligus mengenalkan produk-produk unggulan dari pengusaha KUMKM di Jabar. Kegiatan ini merupakan yang keempat kami gelar sejak 2010 lalu," kata Wali Kota Sukabumi M Muraz kepada Antara, Rabu.

Menurut Muraz, adapun daerah yang ikut dalam kegiatan ini antara lain dari Depok, Bekasi, Bandung, Kabupaten Sukabumi dan beberapa daerah lainnya di Jabar. Tujuan untuk dari Expo 4TH Kota Sukabumi ini untuk mendongkrak sekaligus mempromosikan produk KUMKM asli Jabar agar mampu bersaing dengan produk-produk dari impor.

Seperti diketahui dengan dibukanya perdagangan bebas Cina dan Asean ini, banyak produk dari negara tersebut yang menggempur produk dalam negeri, padahal jika dibandingkan kualitasnya kalah jauh dengan produk asli anak bangsa ini khususnya dari pengusaha KUMKM Jabar.

Selain itu, dengan adanya expo ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas serta pemasaran produk karya tangan anak bangsa ini. Sebab, kelemahan utama yang menjadi penghambat produk-produk KUMKM ini adalah masalah modal, pemasaran dan kualitas sehingga kalah bersaing dengan produk impor khususnya dari Cina atau Tiongkok.

"Sebenarnya KUMKM adalah tiang perekonomian bangsa atau daerah, karena hanya pengusaha kecil yang mampu bertahan dari segala macam krisis ekonomi yang melanda bangsa ini, maka dari itu dengan meningkatnya produk KUMKM kami yakin gempuran produk asing akan semakin berkurang," tambahnya.

Di sisi lain, untuk mendongkrak peran KUMKM di roda perekonomian bangsa khususnya di Kota Sukabumi, pihaknya telah melakukan berbagai pembinaan salah satunya melalui pemberian bantuan modal. Namun, tidak hanya memberikan modal saja, tetapi menumbuhkan kemandirian setiap pengusahan KUMKM agar tidak hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah saja.

"Ternyata dari hasil pendataan kami, sudah cukup banyak produk KUMKM asal Kota Sukabumi yang diekspor ke luar negeri, maka dari itu jika usahanya dimanajemen dengan baik kami yakin seluruh pengusaha KUMKM bisa terus berkembang dan maju," kata Muraz.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014