Bogor (Antaranews Bogor) - Wahana permainan Jungland theme park, Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat menggelar parade budaya nusantara dengan tema "EthniCatulistiwa".

"Parade budaya nusantara disuguhkan sepanjang April setiap akhir pekannya," ujar Minia Barus, Public Relation Jungleland Theme Park, saat ditemui di Jungleland, Minggu.

Minia menjelaskan, beragam budaya nusantara ditampilkan secara bergilirian setiap akhir pekannya.

Pada pekan ini, atraksi reog ponorogo dan marching band dari Pusat Pendidikan Zeni (Pusdikzi) TNI Angkatan Darat ikut ditampilkan.

"Minggu lalu karena dalam suasana Hari Raya Nyepi, kita menampilkan atraksi budaya dari Bali seperti ogoh-ogoh, tari kecak dan barongsai," ujar Minia.

Parade budaya nusantara ini sangat menarik perhatian pengunjung, pada pekan lalu total jumlah pengunjung yang datang mencapai 13.000 orang.

Minia menjelaskan, parade budaya nusantara sengaja dihadirkan oleh pihaknya dalam rangka meningkat kepuasan kepada pengunjungnya.

Selain itu ada pesan edukasi kepada pengunjung terutama anak-anak untuk dapat mengenal kesenian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

"Jadi tidak perlu jauh-jauh datang ke Bali mau liat ogoh-ogoh dan tari kecak," ujarnya.

Untuk penampilan pekan depan, akan hadir kesenian Tari Saman Gayo Aceh, Angklung. Pekan berikutnya, Rampak Gendang, Tari Jaipong Sunda, Tari Dayak Kalimantan, dan Tari Melayu.

"Dalam parade ini kami bekerja sama dengan sejumlah sanggar kesenian yang ada di wilayah Bogor dan Jakarta," ujarnya.

Selain parade budaya nusantara, dalam memeriahkan hari Kartini, akan digelar Lomba Fashion Busana Daerah untuk anak-anak. Selain itu juga ada bazar berisikan produk-produk kerajinan budaya asli Indonesia seperti batik, kebaya dan berbagai macam pernak-pernik dari berbagai daerah di Indonesia.

Menurut salah satu pengunjung, penampilan parade budaya nusantara Indonesia menjadi hiburan tersendiri bagi para pengunjung yang datang ke Jungleland.

"Iya sangat atraktif sekali, karena kita ada hiburan lain selain wahana permainan, jadi tontonan menarik bagi anak-anak, apalagi kita jarang-jarang bisa liat penampilan Reog Ponorogo ini," kata Juliana Dewi salah satu pengunjung asal Kabupaten Bogor.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014