Pengurus DPD PKS Kabupaten Sukabumi bersafari politik ke markas DPC PDIP Kabupaten Sukabumi menjelang pelaksanaan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, sekaligus menurunkan tensi politik pasca-Pemilu 2019.

"Safari politik yang kami lakukan ini utamanya untuk bersilaturahim sekaligus melakukan komunikasi politik dengan PDIP menjelang perhelatan pilkada yang akan digelar pada 2020," kata Sekretaris DPD PKS Kabupaten Sukabumi M Sodikin di Sukabumi, Sabtu.

Baca juga: PDIP membuka kembali pendaftaran bakal calon Kepala Daerah Sukabumi

Safari politik ini juga bertujuan untuk menentukan langkah koalisi di Pilkada 2020. Meskipun pada pemilu lalu dua partai tersebut berseberangan, mendekati pelaksanaan pilkada pengurus dari dua partai ini terlihat harmonis.

Menurut dia, ada kesamaan mendasar antara PKS dengan PDIP yakni terletak pada militansi kadernya, bahkan di pilkada kabupaten terluas di Pulau Jawa dan Bali ini dua partai tersebut tidak menutup kemungkinan untuk berkoalisi.

"Soal koalisi DPP PKS sudah menyerahkan sepenuhnya kepada pengurus di daerah seperti di Kabupaten Sukabumi sehingga peluang koalisi terbuka lebar dengan PDIP," katanya.

Baca juga: Partai Gerindra Sukabumi berhati-hati rekomendasi bakal calon kepala daerah

Sodikin mengatakan safari politik sekaligus silaturahim ini juga akan dilakukan pihaknya ke partai lain di Kabupaten Sukabumi untuk membangun komunikasi dan langkah dalam menentukan koalisi.

Di sela menerima silaturahim pengurus DPD PKS Kabupaten Sukabumi, Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Sukabumi Tata Subrata mengatakan kunjungan pengurus PKS ini merupakan silaturahim politik yang tentunya tidak lepas dari kepentingan pilkada.

Baca juga: Pilkada 2020, PDI Perjuangan Sukabumi fokus bangun koalisi

Ia mengakui dalam silaturahim ini juga dibahas tentang koalisi di Pilkada Kabupaten Sukabumi, tentunya perpaduan PKS dan PDIP merupakan suatu hal yang baik karena pihaknya membuka lebar pintu koalisi dengan partai manapun.

"Pertemuan ini masih bersifat silaturahim atau saling menjajaki dan komunikasi politik terus kami lakukan untuk menentukan langkah koalisi karena pada pilkada ini kami targetkan menang," katanya.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019