Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi, Jawa Barat membentuk serta rekuitmen relawan siaga bencana berbasis masyarakat (Sibat) di tingkat kelurahan sebagai salah satu upaya mitigasi atau pencegahan terhadap bencana alam.

"Saat ini PMI Kota Sukabumi tengah menjalankan program percontohan kesiapsiagaan bencana gempa bumi yang merupakan proyek percontohan dari PMI Pusat bekerjasama dengan Palang Merah Amerika dan USAID," kata Ketua PMI Kota Sukabumi, Suranto Sumowiryo di sela acara sosialisasi pembentukan dan seleksi anggota Sibat di Sukabumi, Rabu.

Program yang dinamakan Indonesia Earthquake Readiness ini akan berjalan selama satu tahun dengan fokus Kelurahan Baros. Lanjut dia, salah satu rangkaian dari program ini yaitu dibentuknya relawan di masyarakat yang akan berperan aktif sebagai motor dalam upaya pengurangan risiko kesiapsiagaan bencana.

Menurutnya, program ini merupakan sebuah amanat dan kepercayaan dari PMI Pusat dan lembaga donor untuk dijalankan sebaik mungkin oleh PMI Kota Sukabumi untuk kesuksesan dan keberlanjutan kedepannya.

Baca juga: PMI Cianjur bantu evakuasi dua korban tertimbun longsor

Harapannya melalui program ini masyarakat bisa sadar betul akan pengetahuan dan pemahaman akan kesiapsiagaan bencana gempa bumi di daerahnya masing-masing dengan tujuan untuk meminimalisasikan dampak baik korban jiwa maupun harta.

"Pada dasarnya program ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana gempa bumi di komunitas perkotaan dengan meningkatkan pengetahuan dan keterlibatan individu serta pemberdayaan masyarakat, minimal di lingkungan keluarganya," jelasnya.

Baca juga: PMI terjunkan relawan bantu pengungsi korban kerusuhan Wamena

Suranto mengatakan tujuan penting lainnya adalah menjalin kemitraan dengan berbagai unsur serta bagaimana mendorong pemangku kebijakan yaitu Pemerintah Kota Sukabumi dan lainnya untuk mensinergikan program serta kebijakan yang terkait dengan kesiapsiaagaan gempa bumi.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari dari 8 dan 9 Oktober 2019 dengan menghadirkan sekitar 20 anggota masyarakat dari keterwakilan berbagai elemen.

Baca juga: Gempa Ambon, Relawan PMI dikerahkan bantu evakuasi korban
   

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019