Bogor (Antara) - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat melakukan penanaman 1.000 pohon yang terdiri dari 30 jenis tanaman langka dalam rangka memperingati Hari Penanaman Pohon yang telah dicanangkan pemerintahan.

"Penanaman dilakukan di lahan seluas 500 meter persegi bertempat di area Ruang Terbuka Hijau PT Goodyear Indonesia, Kelurahan Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal," ujar Kepala Sub Bidang Konservasi dan Rehabilitasi Lingkunga, Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Bogor, Syinta Juwita, di Bogor, Rabu.

Syinta menjelaskan, penanaman dilakukan bertepatan dengan Hari Penanaman Pohon yang telah dicanangkan Pemerintah Kota Bogor setiap tahunnya yang jatuh pada Kamis (28/11) besok.

Penanaman yang melibatkan sejumlah instansi seperti Polisi, TNI, perwakilan PT Goodyear, pelajar, dan elemen masyarakat terdiri dari 30 jenis tanaman langka.

"Pada kesempatan tersebut juga akan dibagikan 100 pohon untuk sejumlah sekolah di Kota Bogor," ujarnya.

Dikatakannya, Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tingkat Kota Bogor 2013 mengangkat tema "Lestarikan keanekaragaman hayati kita dengan 3 hati yakni, sehati, kehati dan pemerhati".

Syinta mengungkapkan, saat ini BPLH Kota Bogor tengah menggalakkan program pelestarian, perlindungan dan pengembangan keanekaragaman hayati dengan kegiatan sehati (sekolah keanekaragaman hayati), kehati (kelurahan keanekaragaman hayati dan pemerhati (perusahaan keanekaragaman hayati).

PT Goodyear Indonesia tahun ini ditunjuk oleh Pemerintah Kota Bogor sebagai perusahaan pemerhati yakni perusahan keanekaragaman hayati.

"Dalam acara nanti akan dilakukan penandatangan kerjasama pengelolaan Arboretum atau Hutan Kota antara Pemerintah Kota Bogor dengan PT. Goodyear Indonesia," ujarnya.

Ditambahkannya, MoU antara Pemerintah Kota Bogor dan PT Goodyear dilakukan karena perusahaan tersebut akan menjadi salah satu hutan kota ilmiah.

"Hutan kota ilmiah ini nantinya pemeliharaan dan pengelolaannya dilakukan oleh PT Goodyear Indonesia," ujarnya.


Pewarta: Oleh Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013