Sebagai implementasi program Bogor Berlari yang dicanangkan Wali Kota Bogor pada tahun 2019,  Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bogor akan segera melaunching Mal Pelayanan Publik (MPP) sebagai salah satu inovasi dalam memberikan pelayanan publik yang lebih baik.

Kepala Bidang (Kabid) Izin Pemanfaatan Ruang DPMPTSP Kota Bogor Rudi Mashudi menjelaskan, Mal Pelayanan Publik merupakan implementasi Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 23 Tahun 2017. Kehadiran MPP diharapkan menjadi wadah bagi seluruh instansi pelayanan publik yang ada dalam satu lokasi.

Rudi menyebutkan, Kota Bogor akan menjadi daerah pertama di Jawa Barat yang akan mewujudkan MPP. Proses panjang sudah dilakukan oleh DPMPTSP dalam mewujudkan MPP tersebut. Sejak awal 2018, inisiasi sudah dilakukan dengan mengusulkan anggaran dalam APBD 2019.

Pada pertengahan 2018, Kepala DPMPTSP Kota Bogor Denny Mulyadi melakukan roadshow ke instansi-instansi pelayanan publik yang ada di Kota Bogor untuk mendapat dukungan para pimpinan instansi dalam membangun MPP.

Untuk mendukung MPP, Wali Kota Bogor Bima Arya sudah menandatangani komitmen penyelenggaraan MPP bersama Menteri PANRB pada 27 Maret 2019 lalu.

Hal ini sebagai tindak lanjut Wali Kota Bogor menandatangani nota kesepahaman dengan 14 instansi layanan publik di Kota Bogor untuk 145 jenis layanan.

Dia menambahkan, Wali Kota Bogor Bima Arya memberi nama MPP Kota Bogor dengan sebutan Graha Tiyasa yang artinya tempat serba bisa. Secara filosofi, nama tersebut diambil dari bahasa Sansekerta Tiyasa artinya Luar biasa. Tiyasa bisa juga dijadikan akronim administrasi dan pelayanan Satu Atap.

"Diharapkan ini bisa menjadi nafas para karyawan yang bertugas di MPP dengan memberikan pelayanan, semangat dan memberikan kepuasan luar biasa kepada warga dalam mengurus kebutuhan administrasi dan lain sebagainya sehingga warga bahagia," katanya, Senin (22/07/2019).

MPP kata Rudi, dilengkapi dengan logo yang terdiri dari pilar-pilar yang melambangkan berbagai instansi yang tergabung dalam layanan publik. Kemudian kotak dibawah pilar yang melambangkan wadah atau ruang yang merangkul berbagai instansi dalam satu tempat.

Selain itu, terdapat tulisan MPP berwarna emas yang menyimbolkan semangat memberikan layanan terbaik. Rudi menyampaikan, tahapan pembangunan secara fisik sudah tuntas.

"Kami berharap awal Agustus sudah siap untuk operasional. Kami akan lakukan simulasi dan uji coba layanan terlebih dahulu," ujarnya.

Rencananya, MPP Kota Bogor akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada pertengahan Agustus 2019.

Pewarta: Oleh: Humas Setdakot Bogor

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019