Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah 2 membeberkan angka potensi siswa di Kota Bogor, Jawa Barat, yang bisa masuk SMA dan SMK Negeri, dari sebanyak 14.745 siswa, hanya 5.256 kursi tersedia pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019.

"Jadi diprediksi akan ada sekitar 9.489 siswa yang tidak kebagian bangku sekolah negeri," kata staf Administrasi dan Informasi KCD Pendidikan Wilayah 2 Bogor Nadya Hadjeri kepada ANTARA di Bogor, Senin (17/6/2019).

Menurut wanita yang akrab disapa Nadya itu, jumlah SMA Negeri di Kota Bogor sebanyak 10 sekolah, sedangkan SMK Negeri empat sekolah tersebar di enam kecamatan Kota Bogor.

Umumnya, masing-masing SMA Negeri bisa menampung 324 siswa. Sehingga, ada kuota sebanyak 3.240 kursi untuk SMA Negeri. Rata-rata setiap sekolah terdiri dari sembilan rombongan belajar, yang berisikan 36 siswa di setiap kelasnya. Artinya, sedikitnya satu sekolah mampu menampung 324 calon siswa baru pada PPDB tahun ini.

Sedangkan SMK Negeri memiliki jumlah kuota yang sedikit lebih banyak ketimbang SMAN, dengan total 2.016 kursi bagi peserta didik baru. Hal tersebut lantaran pada SMKN, menyesuaikan dengan jumlah jurusan yang ada di setiap sekolah.

"Tinggal dibagi saja, jumlah kuota kan ada 2.016 kursi, jumlah SMKN ada empat, berarti setiap SMKN bisa menampung 504 siswa baru," katanya.*

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019