Karawang (Antara) - Ratusan pelajar dari 30 kecamatan se-Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akan bertanding dalam kegiatan Invitasi Olahraga Tradisional Pelajar Tingkat Sekolah Dasar.

"Kegiatan perlombaan olahraga tradisional itu rencananya akan digelar pada 19 Oktober 2013," kata Koordinator Pelaksanaan Invitasi Olahraga Tradisional Tingkat Karawang Mimin Suherman, di Karawang, Minggu.

Dikatakannya, peserta dalam kegiatan tersebut diperkirakan mencapai 570 pelajar yang merupakan siswa Sekolah Dasar, berasal dari 30 kecamatan se-Karawang.

Sesuai dengan ketentuan Kementerian Pemuda dan Olahraga, sebenarnya ada 11 nomor olahraga tradisional yang sah untuk dilombakan. Tetapi untuk tingkat SD hanya empat nomor olahraga yang dipertandingkan.

Keempat nomor olahraga itu ialah olahraga tradisional Dagongan dan Egrang untuk pelajar putra serta olahraga tradisional Tampah Panjang dan Hadang untuk pelajar putri.

Menurut Miin, sebelum berlomba dalam kegiatan Invitasi Olahraga Tradisional Pelajar Tingkat Sekolah Dasar se-Karawang, masing-masing kecamatan terlebih dahulu melakukan seleksi dengan menggelar kegiatan yang sama tingkat kecamatan.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga setempat Rahmat Gunadi mengatakan, kegiatan Invitasi Olahraga Tradisional Tingkat Karawang ini digelar untuk menyaring atlet yang akan dikirim ke kegiatan serupa tingkat Provinsi Jawa Barat pada November 2013.

"Pada tahun 2012 lalu, Karawang meraih juara umum dalam kegiatan itu, dan kini Karawang berupaya mempertahankan juara tersebut pada tahun 2013," kata dia.

Pewarta: Oleh M Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013