Bogor (Antara) - Menginjak tahun kedua penyelenggaraan Pekan Inovasi Mahasiswa Pertanian Indonesia (PIMPI) 2013, Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar kompetisi karya tulis mahasiswa dengan total hadiah mencapai Rp 20.000.000.

Acara yang diusung oleh UKM Forum for Scientific Studies (Forces) ini sengaja dibuat untuk menarik minat publik akan isu pertanian saat ini.

“Tahun ini lomba karya tulis terbagi menjadi dua fokus, yaitu bidang pengabdian masyarakat dan produk teknologi pertanian yang bernilai ekonomis,” kata Achmad Faisal, ketua pelaksana PIMPI 2013.

Faisal menjelaskan, kompetisi ini terbuka untuk seluruh mahasiswa se-Indonesia  meskipun bukan berasal dari prodi pertanian.

Tema kompetisi Kreativitas Bina Masyarakat Mahasiswa Pertanian (KBMMP) adalah : “Optimalisasi Pemberdayaan Kearifan Lokal”. Sedangkan kompetisi Cipta Aplikatif Pertanian (KCAP) mengangkat tema yang dapat dipilih berupa Tata ruang dan Penanggulangan Bencana di Lahan Pertanian, Energi Baru dan Terbarukan, serta Ketahanan Pangan.
 
“Melalui lomba ini kami berharap kalangan mahasiswa maupun publik dapat tertarik melihat pertanian sebagai isu yang sangat penting untuk Indonesia,” ungkap Faisal dalam siaran pers, Rabu.
 
Kompetisi tersebut tidak hanya merebutkan hadiah yang cukup besar, tapi juga akan memfasilitasi finalis lomba dalam Gelar Karya Pertanian yang dihadiri oleh tokoh pertanian nasional pada 29-30 November 2013 mendatang.

Tahun lalu, PIMPI sukses mendatangkan tokoh pertanian seperti Martha Tilaar, Gun Sutopo, Jusuf Kalla serta E. Gumbira Said dalam Seminar Pertanian Indonesia yang juga salah satu rangkaian kegiatannya.

Informasi lebih lanjut mengenai lomba ini dapat mengunjungi laman www.forces.lk.ipb.ac.id atau www.pimpiipb.wix.com atau menghubungi Faisal (085730944997).

Pewarta:

Editor : Teguh Handoko


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013