Bogor (Antara) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor, Jawa Barat menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitungan perolehan suara pemilihan kepala daerah 2013, Sabtu.

Rapat pleno terbuka ini berlangsung di Gedung Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, yang dihadiri sejumlah pihak di antaranya, Komisioner KPU, seluruh anggota PPK, PPS, Panwaslu, saksi-saksi pasangan calon dan Muspida setempat.

"Hingga pukul 12.00 WIB rapat pleno baru merekap perhitungan suara dari 10 kecamatan, masih ada 30 kecamatan lagi yang harus direkap hingga selesai," kata Sekretaris KPU Kabupaten Bogor Dadang Sulaeman.

Sementara itu, menurut Komisional KPU Divisi Sosialisasi Heryanto Surbakti, teknis rekapitulasi dilakukan membacakan berita acara hasil repaitulasi masing-masing kecamatan.

Hasil rekapitulasi yang dibacakan secara teliti, dengan uraian dimulai dari jumlah perolehan suara keseluruhan, jumlah suara tidak sah, dan suara sah, jumlah pemilih sesuai jenis kelamin, jumlah pemilih yang menggunakan KTP dan KK, jumlah pemilih yang menumpang memilih.

"Ini sesuai dengan kesepakatan antara, saksi, dan panwaslu yang meminta pembacaan rekapitulasi secara terperinci, sehingga untuk membacakan hasil per kecamatan membutuhkan waktu sekitar 20 menit," kata Haryanto.

Heryanto menyebutkan bahwa setelah rekapitulasi perhitungan suara selesai dilakukan, rapat dilanjutkan dengan penetapan calon bupati dan wakil bupati terpilih.

"Jika tidak ada kendala, sore ini rekapitulasi selesai, hasil akan diketahui hari ini juga," katanya.

Rapat pleno terbuka penentapan hasil pilkada Kabupaten Bogor ini dimulai dari pukul 10.00 WIB. Rapat juga sempat ditunda istirahan siang selama satu jam. Rapat kembali digelar pukul 13.00 WIB. Hingga berita ini diturunkan rekapitulasi perhitungan masih dilanjutkan.

Berdasarkan hasil sementara, pada pukul 13.38 jumlah kecamatan yang sudah direkap hasil perhitungan suaranya sebanyak 16 kecamatan. Dari hasil rekap sementara itu diperoleh perhitungan suara untuk pasangan calon nomor urut 1 sebanyak 205.960 suara.

Pasangan urut nomor 2, yakni Alex Sandy Ridwan dan Hengky Tarnando memperoleh suara sebanyak 68.651 suara, pasangan nomor urut 3 Rachmat Yasin-Nurhayanti sebanyak 576.872 suara dan pasangan nomor urut 4 Karyawan Faturachman- Adrian Arya Kusuma 96.876.

Dari perhitungan tersebut, jumlah total suara yang dihitung sebanyak 948.359 suara.

Pewarta: Oleh Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013