Sebanyak 11.628 lembar surat suara untuk Pemilu 2019 di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mengalami kerusakan. Jumlah itu meliputi sepuluh jenis surat suara.

"Enam jenis untuk pemilihan DPRD Kabupaten Bekasi di enam daerah pemilihan. Kemudian, DPRD Provinsi Jawa Barat, DPR RI, DPD RI dan surat suara untuk Pemilihan Presiden (Pilpres)," kata Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin di Cikarang, Selasa.

Jajang menjelaskan, kerusakan didominasi surat suara untuk Pilpres dengan jumlah 5.577 lembar. Disusul surat suara untuk pemilihan anggota DPR RI sebanyak 2.128 lembar dan surat suara anggota DPD RI sebanyak 1.735 lembar.

"Kemudian, surat suara untuk DPRD Provinsi dengan jumlah 1.317 dan DPRD Kabupaten Bekasi dengan jumlah 871 lembar," katanya.

Menurut Jajang, kerusakan yang terjadi pada belasan ribu surat suara itu beragam. Mulai dari surat suara sobek, warna pudar, terdapat lipatan, hingga terkena tinta.

Untuk itu, KPU Kabupaten Bekasi mengaku telah mengajukan penggantian surat suara tersebut ke KPU RI, bersamaan dengan pengajuan kekurangan surat suara sebanyak 10.433 lembar.

"Semoga semua bisa datang Minggu besok. Karena kita akan segera lakukan proses pendistribusian ke kecamatan hingga TPS," tandasnya.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019