Bogor (Antara) - Pemerintah Kota Bogor menyerahkan bantuan lima unit traktor roda dua kepada kelompok tani (Poktan) di wilayah setempat guna menunjang program peningkatan beras nasional (P2BN), Senin.

"Semoga bantuan ini dapat mempercepat pekerjaan para petani dalam memproduksi beras," kata Wakil Wali Kota Bogor, Achmad Ru`yat.

Ru`yat menyebutkan keberadaan traktor tersebut sangat penting dalam membantu mempercepat proses pengolahan tanah para petani.

Dengan traktor akan menghasilkan pengolahan tanah yang bermutu dan lebih baik sehingga dapat berkontribusi dalam meningkatkan pertanian di berbagai lahan.

Selain itu, lanjutnya, melalui pemanfaatan alsintan akan mendukung upaya pemecahan masalah kelangkaan tenaga kerja di sektor pertanian yang saat ini banyak terjadi di berbagai daerah.

"Kami berharap, dengan penggunaan traktor ini dapat membantu petani dalam menentukan waktu tanam yang serempak, sehingga dapat menghindari serangan hama penyakit tanaman," katanya.

Ru`yat menambahkan dengan penggunaan traktor teersebut akan meningkatkan produksi dan produktivitas hasil pertanian guna mendukung program peningkatan surplus beras 10 juta ton pada tahun 2014.

Bantuan traktor merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, bertujuan untuk membantu para petani dalam mengolah tanah, dan merupakan insentif bagi petani yang sudah mempertahankan lahannya di tengah gencarnya alih fungsi lahan.

"Pemberian bantuan ini sebagai salah satu upaya merealisasikan Undang-Undang nomor 41 tahun 2009 tentang perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan," katanya.

Terdapat lima unit traktor yang diberikan kepada lima kelompok tani di Kota Bogor. Pemberian traktor ini bantuan dari Gubernur Jawa Barat yang telah menyalurkan 1.015 unit traktor kepada sejumlah gabungan kelompok tani (Gapoktan) dan Kelompok tani se- Jawa Barat.

Kelima kelompok tani yang menerima bantuan traktor tersebut adalah Poktan Fajar Gumbira Kelurahan Margajaya Kecamatan Kota Bogor Barat, Lemah Duhur Kelurahan Mulyaharja Kecamatan Kota Bogor Selatan, Batara Mina Sejahtera Kelurahan Ciluar Kecamatan Kota Bogor Utara, Mekarsari Keluarahan Muarasari Kecamatan Kota Bogor Selatan, dan Poktan Saluyu Kelurahan Situgede Kecamatan Kota Bogor Barat.

Dalam kesempatan tersebut, selain menyerahkan bantuan traktor, Ru`yat juga menyerahkan bantuan pupuk untuk para petani.

Pewarta: Oleh Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013