Bogor (Antaranews Megapolitan) - Kolaborasi dua unit kerja di Institut Pertanian Bogor (IPB) yaitu Biro Komunikasi dan Direktorat Sumberdaya Manusia menggelar “Pelatihan Master of Ceremony (MC)”. Kegiatan ini diselenggarakan di Hotel Papyrus Bogor, Rabu-Kamis (31/10-1/11). Pelatihan ini diikuti 40 pegawai dari unit-unit kerja yang ada di lingkungan IPB.

Pelatihan digelar untuk menyiapkan peserta menjadi seorang pembawa acara profesional yang dinamis dan memiliki percaya diri tinggi.

Pada pelatihan ini, peserta diajarkan  bagaimana sikap seorang pembawa acara yang baik, bagaimana menggunakan kekuatan suara dan intonasi saat membawakan acara, mendayagunakan gerak tubuh dan bahasa tubuh yang tepat, berbicara dengan penuh inspirasi dan memukau. Peserta juga dibimbing dengan berbagai teknik dan tips untuk menghilangkan ketakutan berbicara di depan umum, mencairkan suasana dan memberikan warna pada acara yang berlangsung.

Kepala Biro Komunikasi IPB, Ir. Yatri Indah Kusumastuti, M.Si mengatakan,  "Pelatihan ini sangat dibutuhkan sekali di IPB. Banyak sekali kegiatan atau acara-acara resmi yang digelar oleh IPB yang sangat membutuhkan pembawa acara yang handal."

Pelatihan ini sangat mengedepankan praktik sehingga semua peserta dapat berlatih secara maksimal dengan dipandu narasumber profesional, Mey
Cresentya.

Kepada seluruh peserta Mey menekankan, "Pembawa Acara adalah ujung tombak penyelenggaraan acara. Ia yang akan memimpin suatu rentetan acara secara teratur dan rapi. Kemampuannya akan sangat menentukan apakah sebuah acara akan berlangsung lancar atau tersendat-sendat. Karena itu, seorang pembawa acara harus benar-benar menguasai seluruh aspek yang akan mempengaruhi kelancaran acara. Ia adalah benar-benar seorang sutradara pada sebuah acara."

Mey juga menegaskan bahwa seorang  pembawa acara harus memiliki intelegensi tinggi, berkepribadian dan mempunyai sifat yang baik, berpenampilan atraktif dan simpatik, santun dan menarik, memiliki jiwa pemimpin, berbahasa dengan baik, berbicara komunikatif dan cekatan.

"Menjadi seorang pembawa acara tidak cukup hanya dengan modal suara bagus, namun ada banyak penunjang yang perlu juga diperhatikan secara serius. Seorang pembawa acara akan menjadi pusat perhatian seperti layaknya artis yang tampil di panggung. Untuk itu tampil menarik dan enak dilihat adalah suatu keharusan,” ujarnya. (Awl/Zul)

Pewarta: Oleh Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018