Bogor (Antaranews Megapolitan) - Kodim 0606/Kota Bogor sejak Februari 2018 memiliki program unik Warung Berkah yang beroperasi setiap hari Jumat di depan markas Kodim Jalan Sudirman, Kota Bogor, Jawa Barat.

Koordinator Umum Warung Berkah Kodim 0606/Kota Bogor, Kapten Inf Heru Susilo di Bogor, Jumat, mengatakan sejak beroperasi selama delapan bulan, Warung Berkah semakin diminati oleh warga.

"Rata-rata setiap hari habis 200 porsi, bahkan pernah sampai 400 porsi," katanya.

Ia mengatakan, ide mendirikan Warung Berkah atas inisiatif dari Dandim 0606/Kota Bogor Kolonel ARM Doddy Suhadiman dengan tujuan untuk saling berbagi bersama masyarakat.

Warung Berkah beroperasi setiap hari Jumat mulai dari pukul 09.00 sampai menjelang Shalat Jumat. Siapa saja boleh makan, dengan bayaran seikhlasnya, bahkan tak jarang ada juga yang tidak membayar.

"Niatnya adalah untuk berbagi membantu masyarakat agar bisa menikmati makan siang suka-suka, sepuasnya," kata Heru.

Menu di Warung Berkah Kodim 0606/ Kota Bogor cukup beragam, lengkap ada lauk pauk, dan sayuran. Setiap orang bebas menggambil sesuai porsinya masing-masing.

Menurut dia, hidangan di Warung Berkah ini bersumber dari Koramil yang ada di Kota Bogor, yang memasak langsung makanan tersebut.

"Ada juga yang bersumber dari sumbangan masyarakat. Pernah ada yang datang menyumbang 100 porsi telor rebus," katanya.

Ia mengatakan, biaya untuk memasak hidangan bersumber dari sumbangan para anggota di setiap Koramil dan Kodim 0606/Kota Bogor.

Sedangkan uang bayaran yang diberikan seikhlasnya oleh pembeli dikumpulkan untuk disumbangkan lagi kepada anak yatim.

"Ada juga sebagian kami gunakan untuk membeli beras, kalau untuk lauk pauk murni berasal dari tiap-tiap Koramil," kata Heru.

Pengunjung Warung Berkah Kodim 0606/Kota Bogor beragam, berasal dari semua kalangan, mulai dari anak sekolah SD, SMP, SMA, pelajar, tukang ojek, sampai ibu-ibu rumah tangga.

Walaupun dibayar seikhlasnya, tidak jarang ada juga pembeli yang datang membayar dengan uang sebanyak satu juta.

"Kami pernah kaget dapatkan uang Rp1 juta di dalam kotak, memang ada pembeli satu orang waktu itu datang makan, bertanya berapa biayanya, kami sampaikan seikhlasnya," kata Heru.

Keberadaan Warung Berkah paling dinantikan oleh warga, jika diawal pembukaan aparat TNI mengajak warga untuk datang dan singgah. Kini warga sudah berdatangan sebelum warung dibuka.

Kodim 0606/Kota Bogor juga bekerja sama dengan Komunitas Tukang Masak Kota Bogor yang membantu memasak menyediakan hidangan.

Tidak hanya menikmati makanan enak dengan bayar seikhlasnya, di Warung Berkah juga ada hiburan musik yang dibawakan secara live oleh Komunitas Penyanyi Jalanan (KPJ) Kota Bogor.

Menurut Ketua KPJ Bogor, Tohir Kulikulo, komunitasnya sudah bergabung sejak tiga bulan lalu, dengan prinsip ikhlas menghibur masyarakat yang datang ke Warung Berkah.

"Berkat keikhlasan ini, kami pun mendapat kesempatan manggung di Asian Para Games 2018 menyambut kedatangan Pangdam," kata Tohir.

Bagi yang mau mencoba mencicipi menu masalan Warung Berkah Kodim 0606/Kota Bogor dapat datang setiap hari Jumat di depan Makodim Jl Sudirman.

Menu yang disajikan dengan rasa ala rumah, beragam, ada ayam, telur, sayuran aneka macam, dan air mineral isi ulang.

Menu hari ini yang bisa dinikmati usus goreng, sayur sawi plus tahu, paria tumis dengan udang, dan sayur bayam dengan jagung. Untuk bayaran jangan khawatir, seikhlasnya.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018