Bogor (Antaranews Megapolitan) - Dikenal sebagai perguruan tinggi berbasis inovasi dan riset, Institut Pertanian Bogor (IPB) selalu melakukan inovasi dalam menerapkan tri darma perguruan tinggi yang meliputi penelitian, pengajaran dan pengabdian masyarakat. Menjadi yang terdepan dan mempelopori berbagai program yang diterapkan secara nasional, tentunya IPB menarik perhatian banyak perguruan tinggi lainnya untuk belajar hal sama, tak terkecuali dengan Universitas Buana Perjuangan yang terletak di Karawang, Jawa Barat dan Universitas Muhadi Setiabudi yang terletak di Brebes, Jawa Tengah.

Direktorat Kerjasama dan Hubungan Alumni IPB memfasilitasi penandatangan naskah kesepahaman antara IPB dengan kedua universitas ini. Bertempat di Ruang Sidang Rektor,  Gedung Andi Hakim Nasoetion Kampus IPB Dramaga, Selasa (28/8), penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) ini  juga dihadiri oleh Wakil Rektor bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB, Dr. Drajat Martianto dan perwakilan dari dua kampus lainnya.

Rektor IPB, Dr. Arif Satria menyambut baik kerjasama yang dilakukan IPB dengan Universitas Buana Perjuangan dan Universitas Muhadi Setiabudi. “IPB senantiasa berusaha meningkatkan jejaring dan kerjasama dengan berbagai pihak. Dengan berbagi maka kita akan saling memperkuat jaringan untuk kemajuan bersama.”

Universitas Buana Perjuangan  menyambut baik kesediaan IPB untuk bekerjasama, sebagai universitas dengan peringkat nasional dan internasional yang cukup baik IPB dianggap mampu membimbing universitas baru ini untuk lebih baik dalam mengelola tugas tri darma perguruan tinggi khususnya di bidang penelitian.

“Kami sudah menjalin kerjasama dengan IPB sebelumnya, seperti beberapa waktu lalu dosen kami mendapatkan pelatihan dari PPSDM LPPM IPB. Program terdekat setelah MoU ini adalah kami akan mengundang para ahli dari IPB khususnya terkait penelitian hibah Kemenristekdikti. Kami juga mengirimkan dosen-dosen untuk mengikuti workshop atau seminar dan mengundang dosen IPB berkunjung ke Karawang,” ujar Rektor Universitas Buana Perjuangan, Karawang, Dr. H. Dedi Mulyadi.

Ia juga berharap di masa yang akan datang, universitas yang sedang dipimpinnya ini dapat belajar lebih banyak dan menjalin kerjasama yang lebih luas seperti penelitian dosen bersama, peningkatan minat mahasiswa di bidang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) serta pengetahuan yang lebih mendalam terkait manajemen mutu dan audit internal.

Hal yang sama diungkapkan oleh Rektor Universitas Muhadi Setiabudi, Dr.Roby Setiadi. Ia menyatakan IPB sangat baik untuk dijadikan percontohan dalam bidang pengabdian masyarakat semisal Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa. Selain itu, ia menghimbau kepada IPB untuk dapat berperan lebih dalam peningkatan kualitas masyarakat di Brebes dengan bekerjasama dengan Universitas Muhadi Setiabudi.

“Brebes terkenal dengan produksi bawang yang melimpah. Kami sudah bekerja sama dengan pihak Pemerintah Daerah Brebes dan mereka sangat mendukung. Jadi, kami perlu belajar banyak dari universitas yang ahli di bidang pertanian dan kami merasa IPB adalah pilihan yang sungguh tepat, " paparnya.

IPB merupakan perguruan tinggi di Jawa Barat yang pertama ditargetkan menjadi mitra kampus di Brebes ini. Dr. Roby berharap kerjasama yang terjalin antara IPB dan Universitas Muhadi Setiabudi ini dapat menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat khususnya daerah Brebes. “Jika mahasiswa Brebes dibekali inovasi dan kreativitas, tentu sumberdaya yang ada di masyarakat dapat dioptimalkan,” tutupnya. (FI/ris)

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018