Bogor (Antaranews Megapolitan) - Institut Pertanian Bogor (IPB) meluncurkan aplikasi tiga serangkai 'IPB Mobile' untuk mahasiswa, pengajar dan staf yang memudahkan civitas akademika dalam mengakses keperluan perkuliahan. 
 
"Sebelumnya IPB mobile untuk mahasiswa sudah disiapkan, sekarang IPB mobile untuk pengajar dan staf," kata Direktur Sistem Informasi dan Transformasi Digital IPB, Yulio Adi Santoso, di dalam acada pembukaan peringatan 'Dies Natalis' IPB ke-55 di Kampus Dramaga, Bogor, Jawa Barat, Sabtu. 
   
Ia menjelaskan, aplikasi berbasis mobile sudah beberapa diciptakan antara lain IPB today yang berfungsi untuk memperoleh informasi terkait pemberitaan IPB, karya ilmiah, dan tiga sarangkai IPB mobile. 
   
'IPB mobile for student' atau (untuk mahasiswa) memudahkan mahasiswa untuk melihat nilai, jadwal perkuliahan sampai semeter depan, kehadiran atau absensi, dan Kertu Tanda Mahasiswa (KTM) berbua e-card. 
   
Sementara itu, 'IPB mobile for lechtur' digunakan khusus bagi para dosen unyuk melihat jadwal membajar, rekap BKD atau beban kerja dosen, pengaduan elektronik (e-complaint), dan kartu identigas.
   
"IPB mobile untuk dosen ini juga bisa berkominikasi dengan chatting' dengan mahasiswa bimbingannya. Juga bisa dilihat nilai mahasiswanya," katanya. 
   
Aplikasi 'IPB for staf' digunakan khusus bagi staf untuk melihat kehadiran, pengaduan elektronik, dan kartu identitas. 
   
Yulio mengatakan, setiap gawai civitas akademika IPB memiliki elektronik card yang ada di telepon pintar masing-masing. 
   
"Barcode bisa digunakan untuk absensi, mahasiswa, dosen dan staf. Juga bisa untuk absensi seminar, sidang dan perkuliahan," kata Yulio. 
   
Yulio menambahkan, aplikasi IPB Mobile untuk semua civitas akademika IPB ini menjadikan semua kebutuhan dosen, mahasiswa dan staf ada dalam genggaman.
 

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018