Bogor (Antaranews Megapolitan) - Dr. Arif Satria, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) berikan pesan kepada generasi milenial yang berminat menjadi entrepreneur. Hal ini Dr. Arif sampaikan dalam acara Aktivis Milenial bertajuk “Inisiatif Milenial di Sektor Agribisnis” di Taman Koleksi Greenery Resto, Kampus IPB Baranangsiang (4/8). Acara ini dihadiri oleh sekira 120 peserta dari kalangan mahasiswa, komunitas, praktisi pertanian, dan pengusaha. Tujuannya untuk berbagi informasi dan inspirasi bagi anak-anak muda atau millenials untuk membuka ruang-ruang baru pada sektor agribisnis.

“Saya optimis bahwa akan ada banyak pengusaha-pengusaha baru ke depan. Kondisi sekarang ini bahwa bisnis itu bersifat fleksibel, bisa untuk siapa saja. Dengan orientasi pada entrepreneur, maka lapangan kerja yang paling baik adalah bidang pertanian, karena sekupnya sangat luas sekali. Setiap hari orang butuh pangan dan yang dapat memenuhinya adalah bidang pertanian,” tambahnya.

Menurut Dr. Arif, IPB sebagai instituti yang bergerak dalam bidang mencetak sumberdaya manusia, harus kompatibel dengan hal tersebut. “Pola pendidikan itu baru akan terasa hasilnya setelah 10 sampai 15 tahun ke depan. Sehingga saat ini, kita harus mempunyai rencana pendidikan yang kompatibel untuk berperan di tahun 2030 atau 2035 mendatang. Maka dari itu kami mencoba untuk memproyeksikan dan berimajinasi situasi pada 10 sampai 15 tahun ke depan seperti apa,” ujarnya.

Menurutnya, IPB ingin menjadikan lulusannya sebagai technopreneur maupun sociopreneur. Untuk itu, saat seleksi mahasiswa baru, IPB memilih calon-calon mahasiswa yang memiliki jiwa positif, yang punya gen leadership dan entrepreneurship yang bagus. Serta sudah terbiasa memecahkan masalah, bernegosiasi, dan menggerakkan orang.

“Maka dari itu, saya mengambil kebijakan baru dengan membuka jalur seleksi undangan Ketua OSIS. Sehingga hampir empat persen mahasiswa IPB adalah para Ketua OSIS dari SMA terbaik di Indonesia. Kalau ini terjadi, maka proses pencetakan para entrepreneur, softskillnya sudah terasah, kompetensinya sudah luar biasa,” katanya.

Dalam acara tersebut hadir pula dua alumni IPB yang fokus dalam bidang entrepreneur yaitu Alfi Irfan (Owner dan CEO AgriSocio) dan Tejo Pramono (Owner Rumah Kopi Ranin). Dua pembicara lainnya dari kalangan entrepreneur adalah Arif Zamani (CFO SayurBox) dan Michael J. Sugianto (Co-Founder TaniHub). (NIRS/Zul)

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018