Bogor (Antaranews Megapolitan) - Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr. Arif Satria dan Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), Kirana Pritasari menandatangani naskah perjanjian kerjasama (Memorandum of Understanding/MoU) terkait peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat dalam rangka percepatan Sustainable Development Goals (SDGs).

Penandatanganan ini dilakukan di Kantor Kemenkes RI Jakarta (2/8). Rektor IPB dalam hal ini didampingi oleh Direktur Kerjasama dan Hubungan Alumni IPB, Dr. Heti Mulyati.

Dalam kerjasama ini kedua belah pihak sepakat bersama untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat dengan melakukan kegiatan perumusan dan fasilitasi penerapan kebijakan, sosialisasi, advokasi, koordinasi peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat dalam rangka percepatan pencapaian SDGs Indonesia terutama poin 2, 3, 5, dan 6 yaitu: Tanpa Kelaparan; Kesehatan yang Baik dan Kesejahteraan; Kesetaraan Genger; serta Air Bersih dan Sanitasi. Kerjasama kedua belah pihak akan  berlaku untuk jangka waktu 5 (lima) tahun.

“Tidak sedikit riset-riset yang dapat mendukung pencapaian SDGs yang dihasilkan oleh pakar-pakar IPB. IPB memiliki Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) yang dapat membantu dalam hal perumusan dan fasilitasi penerapan kebijakan, sosialisasi, advokasi, koordinasi peningkatan dalam perkembangan gizi masyarakat,ilmu keluarga dan konsumen dan sains komunikasi dan pengembangan masyarakat. Selain itu, IPB dapat membantu dalam memberikan kontribusi akademik untuk meningkatkan kualitas kehidupan yang sehat, cerdas, produktif dan berkelanjutan,” ujar Rektor.

Tidak hanya itu IPB juga institusi yang siap mencetak sumberdaya manusia yang kompeten dan mampu menghadapi tantangan persaingan global.  IPB sebagai perguruan tinggi dituntut untuk berperan nyata dalam menjawab kebutuhan skill dewasa ini.  
“Oleh karena itu, IPB mengambil langkah strategis melalui model pengembangan dan pendekatan baru yakni menciptakan lulusan yang berkarakter Techno-Socio Entrepreneurial,” tambah Rektor.(dh/Zul)

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018