Bogor (Antaranews Megapolitan) - Institut Pertanian Bogor (IPB) menerima 1.305 mahasiswa baru program sarjana jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Jumlah ini merupakan hasil seleksi dari 33.717 pelamar IPB pada jalur SBMPTN ini. Menurut Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB, Dr. Drajat Martianto, yang memilih IPB sebagai pilihan pertama ada 16179 siswa dan 14365 siswa yang memilih IPB di pilihan kedua serta 11493 siswa di pilihan ketiga.

Jumlah pelamar ini menempatkan IPB pada 10 Top perguruan tinggi dengan jumlah pelamar SBMPTN tertinggi bidang Saintek.

“Selamat kepada para calon mahasiswa baru IPB jalur SBMPTN. Pelamar yang lolos seleksi diharapkan bisa segera mengakses laman www.admisi.ipb.ac.id untuk melakukan konfirmasi dan segera melengkapi beberapa dokumen. Konfirmasi atau penyampaian dokumen ini paling lambat tanggal 13 Juli 2018, " kata Dr. Drajat.

Lebih lanjut Dr. Drajat berharap, calon mahasiswa baru IPB  melampirkan data penghasilan orang tua secara benar dan jujur agar tidak terjadi masalah dalam penetapan besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT)-nya.

Menurut Dr. Drajat, tingkat keketatan seleksi pada tiap program studi untuk jalur SBMPTN ke IPB sangat tinggi, berkisar antara 1,05% hingga 9,21% dengan rataan sebesar 3,64%.

Untuk jalur SBMPTN, program studi yang paling diminati adalah Program Studi Ilmu Gizi,  Agribisnis,  Ilmu Komputer, Manajemen, Teknik Sipil dan Lingkungan, Teknologi Pangan,  Agronomi dan Hortikultura, Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Teknologi Industri Pertanian, dan Aktuaria.
 
Sebaran pelamar masuk IPB melalui jalur SBMPTN adalah dari Aceh hingga Papua.

Berdasarkan data calon mahasiswa IPB jalur SBMPTN tersebut, terbanyak berasal dari propinsi Jawa Barat,  DKI Jakarta,  Jawa Tengah, dan Banten.

Registrasi ulang calon mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019 dari jalur SBMPTN ini akan dilaksanakan tanggal 7-8 Agustus 2018 berbarengan dengan calon mahasiswa baru IPB yang masuk melalui jalur masuk Ujian Talenta Masuk IPB (UTM), Beasiswa Utusan Daerah (BUD), Prestasi Internasional dan Nasional (PIN), jalur Hafizh, serta jalur Ketua OSIS.

Untuk jalur UTM yang ujian seleksinya akan dilaksanakan pada tanggal 14 Juli 2018, Dr. Drajat berpesan agar peserta UTM mengecek lokasi ujian satu hari sebelumnya. Lokasi ujian digelar di Bogor yakni di Kampus IPB Baranangsiang, Kampus IPB Cilibende,  Sekolah Bisnis,  dan SMA-SMA di sekitar jalan Padjadjaran Bogor.

“Peserta harus datang tepat waktu dan melaksanakan ujian dengan baik. Pengumuman UTM Insya Allah tanggal 21 Juli 2018, " tandas Dr. Drajat. (sn/uds)

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018