Karawang (Antaranews Megapolitan) - Dinas Perikanan Kabupaten Karawang, Jawa Barat menyatakan bandeng presto yang diproduksi pelaku usaha pengolahan ikan di daerah tersebut mampu bersaing di pasaran luas.

"Ada ribuan pelaku usaha pengolahan ikan bandeng presto di Karawang," kata Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Karawang Sari Nurmiasih di Karawang, Selasa.

Ia mengatakan bandeng presto yang dihasilkan para pelaku pengolahan ikan di Karawang telah menembus pasar luar Karawang, seperti Bandung dan Jakarta.

Bahkan, bandeng presto yang diproduksi di Karawang sudah pernah mengikuti pameran di Kuala Lumpur, Malaysia, yang digelar beberapa waktu lalu.

Sari berharap keikutsertaan bandeng presto dalam pameran di Malaysia itu menjadi "pintu masuk" untuk kegiatan ekspor karena ada ciri khas dari bandeng presto yang diproduksi di Karawang.

Pihaknya akan terus memfasilitasi pengembangan pelaku pengolahan ikan bandeng presto di Karawang.

Di antara upaya yang dilakukan ialah dengan memfasilitasi bantuan-bantuan dari pemerintah pusat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas.

Saat ini, para pelaku usaha pengolahan ikan bandeng presto di Karawang rata-rata memproduksi 1.000-2.000 kemasan bandeng presto.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018