Bogor (Antaranews Megapolitan) - Dunia pasca kampus penting untuk dipersiapkan sejak dini. Seringkali mahasiswa mengalami dilema usai menyelesaikan studi di perguruan tinggi. Himpunan Mahasiswa Peminat Ilmu-ilmu Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (Himasiera), Institut Pertanian Bogor (IPB) mengadakan Talkshow dan Workshop Persiapan Dunia Pasca Kampus yang diselenggarakan Minggu, (18/3) di Auditorium Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB.
    
Pelatihan yang diselenggarakan oleh Divisi Public Relation (PR) dan Divisi Human Resource Development (HRD) Himasiera itu mengundang beberapa pemateri. Sesi pertama berupa talkshow diisi oleh Santo Kadarusman, seorang PR dan Marketing Event Manager di PT Singa Mas Indonesia dan Idham Husein, Owner dari @KOPIKIEU dan Former Campaign Leader di OLX.CO.ID. Selain talkshow, ada pula workshop yang dipandu oleh Rizman Gumilang dari SaGa Community, serta beberapa rangkaian materi tentang 'Beauty Class' yang diisi oleh Rayasha Make Up, Prima Yustisia dari VDM Shoes, Selly Yunelda dari Diindri Hijab, dan materi Men’s Grooming' oleh Rizman Gumilang.
    
Acara tersebut bertemakan ‘Accelerate The Future Dreams: Create Our Own Profesional Benchmark and Looks’ dengan subtema yang diangkat yaitu 'Good Thinking Inside, Good Looking Outside.'
    
“Banyak para fresh graduate yang melamar pekerjaan dengan penampilan seadanya. Yang mereka pikirkan hanya soal nilai belajar di kuliah dan mental. Padahal, tim HRD di suatu perusahaan akan menilai para pelamar perusahaannya dengan first impression melalui penampilannya,” tutur Tri Rakhmawati, Ketua Pelaksana acara tersebut.
    
Materi yang disampaikan oleh Santo Kadarusman juga berkaitan dengan tips dan trik yang harus dipersiapkan para pelamar kerja agar siap menghadapi interview. Beliau juga memaparkan bahwa networking menjadi salah satu kunci penting di dunia pasca kampus, terutama saat melamar pekerjaan.
    
Sesuai dengan subtema yang diangkat, materi terkait penampilan juga dibahas mendalam oleh beberapa pembicara, salah satunya workshop tentang berpenampilan menarik dan make up yang tepat untuk para pelamar kerja yang akan melakukan interview di perusahaan. Workshop tersebut melibatkan beberapa peserta acara agar para peserta memahami langkah-langkah untuk bisa berpenampilan menarik.
    
“Pastinya seru banget acaranya, karena sesuai dengan saya yang sebentar lagi akan lulus dan menghadapi dunia kerja. Terutama tips-tips berpenampilan menarik juga diajarkan di acara ini. Jadi bertambah pengetahuannya soal persiapan interview,” ungkap salah satu mahasiswa Pascasarjana IPB, Miranda Febriningtyas usai mengikuti acara tersebut. (NIN/ris)

Pewarta: Oleh: Humas IPB/Tri Rakhmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018