Bekasi (Antaranews Megapolitan) - Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jawa Barat, kembali merekomendasikan 29 sekolah setempat untuk mengikuti program kepedulian lingkungan bertajuk Adiwiyata 2018.

"Jumlah sekolah yang meraih penghargaan Adiwiyata di Kota Bekasi pada 2016 terbilang masih sedikit, makanya pada tahun ini kami coba lagi," kata Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Sugiono di Bekasi, Senin.

Dia mengatakan, pada 2016 sebanyak 72 sekolah tingkat SD, SMP dan SMA/SMK negeri dan swasta di wilayahnya berhasil memperoleh predikat Adhiwiyata.

Untuk tahun ini, kata Sugiono, pihaknya kembali merekomendasikan 29 sekolah lainnya di Kota Bekasi untuk mengikuti ajang serupa, sebanyak 12 sekolah untuk tingkat kota, 10 sekolah tingkat provinsi, lima sekolah tingkat nasional dan dua sekolah tingkat mandiri.

Dikatakan Sugiono, Adiwiyata merupakan sebuah penghargaan bagi sekolah yang peduli terhadap lingkungan.

Sugiono mengatakan, ada empat tingkat penghargaan Adhiwiyata di antaranya tingkat kota, provinsi, nasional hingga mandiri.

Tim penilai dari tingkat kota diambil dari internal Pemerintah Kota Bekasi, sedangkan provinsi dari Jawa Barat, tingkat nasional dan mandiri dinilai oleh Kementerian Lingkungan Hidup.

"Tahun lalu, sekolah yang meraih penghargaan Adiwiyata tingkat Kota ada 22 sekolah, sementara tingkat provinsi mencapai 32 sekolah, tingkat nasional menembus 15 sekolah dan tingkat mandiri hanya 3 sekolah," katanya.

Menurut dia, Adhiwiyata bukan sekadar lomba, tapi upaya pemerintah dalam menanamkan pentingnya menjaga lingkungan hidup bagi anak-anak yang dimulai dari lingkungan sekolah.

Tim penilai lomba ini bukan hanya dari sisi kebersihan, tapi perilaku pelajar dan estetika sekolah melalui penghijauan berupa taman untuk menjaga keseimbangan lingkungan.

"Melalui program ini diharapkan pelajar bisa bertanggung jawab menyelamatkan lingkungan hidup dan membangun secara berkelanjutan," ujarnya.
(Advertorial Humas Pemkot Bekasi).

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018