Bogor (Antaranews Megapolitan) - Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir, Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar Studium Generale “Pembekalan Karir untuk Para Wisudawan’ yang akan diwisuda pada 21 Maret 2018, Senin (19/3) di Kampus IPB Dramaga.

Direktur Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB, Dr.Alim Setiawan, dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada para calon wisudawan yang telah berjuang keras. “Setelah wisuda, wisudawan akan menghadapi tantangan yang luar biasa di dunia kerja dan wirausaha. Dengan kegiatan ini diharapkan menambah bekal para calon wisudawan yang ingin berkarir atau  berwirausaha.”

Dalam pembekalan karir ini menghadirkan pembicara Achmad Zakaria, Head of Recruitment and Training Development PT.Asuransi Jiwa Generali Indonesia. Ahmad Zakaria merupakan alumni Departemen  Statistik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB lulusan tahun 2008.

Achmad melakukan sharing bagaimana sukses berkarir.  Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber Aang Permana, alumni Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB yang juga CEO Cipetek Food.

Sementara itu Wakil Rektor bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB, Dr.Drajat Martianto dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal terkait sikap para wisudawan,  jika diterapkan  mempunya nilai positif. “Orang yang sukses mempunyai sifat tertentu. Pasti yang bersangkutan memiliki kemampuan untuk melihat masa depan atau futuristik.

Bagaimana menangkap peluang, ketajaman hidung bisnis, intuisi pengalaman, relasi dan networking.  Lulusan juga harus menguasai informasi. Sifat positif ini jika dibangun, saya kira akan membuka pintu bangun jejaring,” papar Dr. Drajat. Menurut Dr.Drajat berdasarkan survei, tiga dari empat lulusan IPB diterima kerja dalam waktu tiga bulan setelah diwisuda. Ini  tentu sangat menggembirakan.

Wakil Sekretaris Jenderal I Himpunan Alumni IPB, Sukma Kamajaya mengatakan pentingnya jejaring ketika lulus agar tidak merasa sendiri dan memudahkan mendapat pekerjaan. “HA IPB  sangat konsen  dalam hal membangun jaringan, oleh karena itu penting bagi calon wisudawan  membuat kartu alumni.  

Manfaatnya  ketika memiliki kartu bisa merasakan bangga menjadi lulusan IPB.  Dengan memiliki kartu kita juga bisa memperoleh keuntungan dua jejaring. Bisa berhimpun di HA IPB dan memperoleh peluang kerja,” jelas Via.  (dh/ris)         

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018