Bogor (Antaranews Megapolitan) - Annisa Pradani, mahasiswi Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor (IPB), di bawah bimbingan Prof. drh. Muhammad Rizal Martua Damanik, MRepSc, PhD dan Reisi Nurdiani, SP, M.Si meneliti tentang pemanfaatan serbuk daun torbangun dalam pengembangan produk puding instan torbangun sebagai pangan fungsional.

Tanaman torbangun merupakan bahan pangan lokal dari Sumatera Utara yang dipercaya masyarakat setempat dapat meningkatkan produksi ASI. Efek farmakologis daun torbangun telah dibuktikan dalam sejumlah penelitian diantaranya sebagai anti nyeri, anti kolesterol, anti bakteri, dan anti diabetes.

Tanaman torbangun mengandung zat gizi mikro dan kalsium dan senyawa fungsional yang bermanfaat bagi kesehatan. Zat gizi mikro yang kandungannya tinggi pada daun torbangun adalah zat besi (21.37 mg/100 g), dan kalsium (2739 mg/100 g). Pada daun torbangun juga mengandung polifenol, saponin, glikosida flavonol, dan minyak atsiri.

Pada kalangan masyarakat Batak, daun torbangun masih dimanfaatkan sebatas dalam bentuk sop sayuran. Tanaman torbangun memiliki keunggulan mudah tumbuh dengan umur panen yang relatif singkat. Melihat beragam manfaat dari tanaman torbangun, maka dilakukan pengembangan jenis produk berbasis tanaman torbangun salah satunya sebagai bahan pangan fungsional.

“Daun torbangun diolah menjadi bubuk untuk selanjutnya dijadikan puding instan. Puding instan berbasis torbangun dipilih karena rasa dan teksturnya umum disukai baik remaja maupun dewasa. Selain itu, proses pembuatannya juga relatif mudah dan sederhana,” ujarnya

 Cara menyiapkan pangan berbentuk instan hanya dengan menambahkan air (panas/dingin) sehingga siap disantap. Puding instan berbasis torbangun berbeda dengan produk puding instan yang beredar di pasaran. Puding ini memiliki kandungan mineral organik khususnya Ca, Fe, dan Mg. Produk ini juga diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif penyediaan makanan selingan di rumah sakit.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa taraf penambahan serbuk torbangun sebanyak 4 gram menjadi formula terpilih, dengan kekuatan gel 512 g/cm2. Setiap 100 g serbuk puding torbangun formula terpilih mengandung 403 kkal, protein 7.12 g, lemak 4.65 g, karbohidrat 83.11 g, kalsium 550.67 mg, magnesium 49.41 mg, dan zat besi 3.31 mg. (WW/Zul)

Pewarta: Oleh: Humas IPB/ Annisa Pradani

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018