Bogor (Antaranews Megapolitan) - Prestasi membanggakan diraih oleh tujuh Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB). Tak main-main, ke tujuh mahasiswa IPB tersebut memborong tiga juara dalam ajang kompetisi debat dan esai mahasiswa nasional. Dua tim berhasil meraih juara dua dan juara tiga dalam lomba debat pendidikan nasional, dan satu delegasi IPB berhasil meraih juara dua lomba esai pada agenda Kemilau Rafflesia Inisiator yang diadakan di Universitas Bengkulu pada 22-23 Februari lalu.

Delegasi IPB dalam perlombaan ini terdiri dari dua tim debat, yaitu Randi Firman Syah , Futiha Hikmatul Husna, dan Langit Biru, dengan tim satu lagi yaitu Sandi Fantea, Rudi Wibowo, dan Zulfa Fauziah. Serta satu orang delegasi esai yaitu Muhammad Firman Ardiansyah. Kemilau Rafflesia Inisiator merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh Universitas Bengkulu. Pada tahun ini kegiatan berhasil diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa se-Indonesia dari berbagai perguruan tinggi nasional.

Keberhasilan mahasiswa IPB dalam kompetisi ini tak luput dari usaha dan doa mereka. Pada kompetisi debat, mereka harus mampu menyisihkan tim lain untuk bisa maju dan bertahan di babak final. Pada lomba esai, delegasi IPB harus mempresentasikan gagasan esainya di hadapan dewan juri.

“Kompetisi ini cukup menantang dan sangat mengesankan. Butuh perjuangan dalam mencapai kekompakan untuk bekerjasama dalam tim. Alhamdulillah semua delegasi IPB berhasil membawa juara dalam agenda ini,” ujar Zulfa salah satu delegasi IPB.

Beberapa diantara mereka cukup sering mengikuti dan menjuarai lomba debat  di tingkat nasional, meskipun tema dalam lomba debat tersebut tidak sesuai dengan bidang yang mereka tekuni.

“Senang sekali bisa mengikuti perlombaan ini. Meskipun kami mahasiswa IPB dari berbagai jurusan, kami ditantang untuk berargumen dan berpikir kritis tentang pendidikan. Tipsnya perbanyak membaca, dan asah kemampuan terutama dalam public speaking, critical thinking, dan kecerdasan berpikir,” ujar Randi sebagai peserta lomba debat nasional ini.(UNA/Zul)

Pewarta: Oleh: Humas IPB/Firman Ardiansyah dan Tim

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018