Purwakarta (Antara Megapolitan) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo menyebutkan bahwa Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menjadi salah satu daerah yang mampu menjaga kultur desa.

"Kalau mau belajar tentang kultur desa, ya ke Purwakarta. Hari ini, kondisi masyarakat kita sudah pragmatis. Tetapi, Purwakarta berhasil menjaga dan mengembangkan `local wisdom` meskipun sudah menjadi daerah industri," katanya disela menghadiri kegiatan Final Liga Desa 2017 di Purwakarta, Minggu.

Ia mengatakan, keberhasilan menjaga kultur desa tersebut menjadi cermin bahwa pembangunan di Purwakarta telah sejalan dengan Nawacita yang merupakan Visi Presiden Joko Widodo untuk membangun Indonesia.

Menurut dia, pembangunan di Purwakarta sudah "on the track". Hal tersebut terlihat dari pembangunan infrastruktur pedesaan yang mampu menunjang mobilitas ekonomi masyarakat setempat.

"Membangun desa itu harus fokus seperti di Purwakarta. Pembangunan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang harus dilakukan. Purwakarta sudah melakukan itu, infrastruktur pedesaan dibangun. Sehingga mobilitas sosial, ekonomi dan budaya masyarakat menjadi hidup," katanya.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengakui kalau fokus Pemerintah Kabupaten Purwakarta sudah linear dengan Nawacita.

Dikatakannya, bukan hanya infrastruktur yang telah dibangun, melainkan juga kesejahteraan aparat desa sekaligus Program Investasi Desa yang efektif mulai Tahun 2018.

"Selain infrastruktur, fokus kita juga kesejahteraan aparat desa dan kesejahteraan masyarakat desa melalui investasi desa," katanya.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017