Bogor (Antara Megapolitan) - Dunia kampus merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa untuk bisa mengenali potensi dan kemampuan diri. Hal tersebut dilakukan oleh Al Ulfha Musdaliva, salah satu mahasiswa Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) Institut Pertanian Bogor (IPB) yang mengembangkan passion dan bakatnya dengan bergelut di dunia master of ceremony (MC) sejak menjadi mahasiswa.

“Sebenarnya dari SMA sudah suka jadi MC. Lalu saat menjadi mahasiswa ingin lebih menggali passion di dunia MC. Bahkan waktu masih menjadi mahasiswa baru juga sudah ditawari untuk nge-MC di salah satu acara Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan se-Kota Bogor,” ujar gadis asal Makassar, Sulawesi Selatan ini.

Pengalaman Ulfha menjadi MC sudah tidak diragukan lagi. Terbukti dengan banyaknya acara di IPB yang sudah dipandu oleh Ulfha sebagai MC. Hal tersebut dilakukan oleh Ulfha semata-mata untuk menggali lebih dalam bakatnya.

“Beberapa acara besar di IPB yang saya pandu di antaranya Open House IPB 2017, Career Development Training yang diadakan oleh BEM KM IPB, dan sebentar lagi akan menjadi MC di acara besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) yaitu Pesta Sains Nasional atau PSN tahun 2017,” papar Ulfha tentang pengalamannya menjadi MC di beberapa acara.

Meski dikenal sudah profesional dan handal dalam membawakan suatu acara, baik acara formal dan non formal, Ulfha tidak pernah menargetkan bakatnya tersebut untuk dibayar atau berubah menjadi pekerjaan yang komersil.

“Sempat ada yang protes ke saya dan bilang, seharusnya MC seperti Ulfha harus dibayar karena sudah berpengalaman. Tapi saya sendiri tidak berpikir seperti itu, karena niatnya sudah suka dengan bakat ini dan memang ingin menambah pengalaman lagi,” imbuhnya.

Salah satu prinsip Ulfha dalam passion-nya di dunia MC yakni kemauan untuk mengembangkan diri dalam dunia yang digelutinya. Ulfha pun menyukai dunia MC karena ingin mewujudkan salah satu cita-citanya yakni sebagai reporter atau pembawa acara di televisi.

“Saya suka sekali dengan Najwa Shihab. Makanya berkaca dari beliau dan sangat terinspirasi sekali dengan pengalaman yang sudah dilaluinya,” pungkasnya. (NK/NM)


Pewarta: Oleh: Humas IPB/Al Ulfha Musdaliva

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017