Depok, (Antara Megapolitan) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0508/Depok Jawa Barat menyatakan kesiapannya untuk melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota Depok terkait dengan penanganan masalah bencana banjir yang sering terjadi pada musim hujan saat ini.

"Pemkot Depok sudah punya kemampuan dan perlengkapan yang sudah memadai. Jadi kami dari TNI sifatnya hanya membantu, baik dari segi tenaga maupun perlengkapan," kata Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0508/Depok Mayor Arh Ervan, di Depok, Senin.

Menurut dia saat ini TNI melakukan pemeriksaan perlengkapan penanggulangan banjir, seperti rakit, tenda, kursi, pelampung, alat memasak, sekop dan alat komunikasi.

"Kami harus siagakan personil termasuk kelengkapan penanggulangan banjir. Karena wilayah Depok merupakan daerah lintasan yang rawan banjir," jelasnya.

Ada beberapa wilayah titik rawan banjir yang perlu diwaspadai diantaranya, wilayah Kecamatan Cimanggis, Sawangan, dan Sukmajaya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ervan mengatakan persiapan antisipasi banjir merupakan perintah Komandan Kodim 0508/Depok yang akan dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Kota Depok.

Karena itu, seluruh personil mulai jajaran Kodim hingga Koramil harus siap membantu menanggulangi bencana banjir. Sebanyak 130 personil dilibatkan untuk terjun menanggulangi banjir.

"Banjir bisa datang kapan saja tidak bisa diprediksi, jadi harus siap," ujarnya. 

Sementara itu Koramil 05/Sawangan membantu pembangunan rumah warga yang roboh akibat sudah tidak layak huni di Kelurahan Pondok Petir.

Danramil 05/Sawangan Kapten Inf Ibrahim menuturkan, tujuan membantu pembangunan rumah di Kelurahan Pondok Petir adalah sebagai bentuk sinergitas institusi TNI dengan masyarakat.

"Kami ingin terus bersinergi dengan pihak pemerintah dalam hal ini adalah Pemkot Depok. Tujuannya agar seluruh masyarakat merasakan kenyamanan dengan kehadiran kami di lingkungan. Sebab, kekuatan TNI adalah bersama dengan rakyat," ujarnya.

Kontribusi yang dilakukan dalam membantu pembangunan tersebut, lanjutnya, adalah dengan mengirimkan beberapa personil Babinsa. Hal ini membuktikan bahwa peran anggota TNI tidak hanya membantu menjaga keamanan saja, melainkan juga membantu dari berbagai hal lain.

"Bukan hanya dari sisi membantu keamanan saja, kami juga berusaha untuk membantu dari sisi memberi wawasan, pengetahuan, bagaimana hidup toleransi, ersosial, dan berinteraksi yang baik," katanya.

Ibrahim menegaskan, kerja sama dan koordinasi dengan pihak kecamatan maupun kelurahan di wilayah hukum Koramil 05/Sawangan selalu berjalan dengan baik. Ini merupakan salah satu upaya mewujudkan kesejahteraan dan kenyamanan di lingkungan masyarakat sekitar.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017