Bogor (Antara Megapolitan) - Foto merupakan elemen penting dalam sebuah publikasi ataupun dokumen sebagai bukti terlaksananya sebuah kegiatan. Untuk menghasilkan gambar atau foto yang berkualitas, diperlukan pengetahuan serta keterampilan yang baik mengenai fotografi.

Untuk itu, Direktorat Sumberdaya Manusia (Dit. SDM) Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar “Pelatihan Fotografi untuk Dosen Muda”.

Acara pembukaan digelar di Hotel Mulya, Desa Gumati, Bogor, Senin (16/10). Pelatihan akan berlangsung selama empat hari dengan diikuti oleh 35 orang peserta.

Kepala Seksi Pengembangan Sumberdaya Manusia IPB, Hirra Nurlaeni, SP, MM menyampaikan pelatihan ini dalam rangka mendukung publikasi, dan media dalam pembelajaran.

Oleh karena itu diperlukan pengetahuan dan keterampilan teknik mendokumentasikan objek riset menggunakan kaidah-kaidah fotografi yang baik dan benar, agar hasil riset dapat dipublikasikan dengan baik kepada para pihak yang relevan.

Dalam penyelenggaraan pelatihan ini Direktorat SDM IPB bekerja sama dengan Inova Pusat Pelatihan Fotografi dan Digital Imaging Bandung.

Melalui pelatihan ini diharapkan peserta memiliki kemampuan dan keterampilan membidik objek penelitian dengan baik dan benar sehingga menghasilkan foto yang maksimal.

Selain itu para peserta diharapkan dapat memahami lebih dalam mengenai fotografi untuk riset dan pembelajaran; dapat menambah pengetahuan dan keterampilan peserta dalam teknik-teknik fotografi; dan memahami aplikasi fotografi untuk tujuan dan kegiatan riset dan pembelajaran.

Salah satu dosen muda yang menjadi  peserta dari Departemen  Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB, Bahroin, menyampaikan motivasinya ikut pelatihan fotografi  selain sejak kuliah ia sangat menyukai dunia fotografi, saat ini sebagai dosen mata kuliah terkait ekonomi wisata.

"Foto menjadi satu objek untuk  menggambarkan kondisi di lapangan, membantu dalam pembelajaram supaya informatif ketika menyampaikan ke mahasiswa," ujarnya.

Peserta lainnya, Rita, Dosen Fakultas Kehutanan, mengutarakan  keikutsertaannya dalam kegiatan pelatihan ini. Menurutnya, pemotretan untuk penelitan sangat penting, bagaimana mendapatkan fokus yang diinginkan sehingga gambar bisa komunikatif hasilnya.

"Hasil yang berkualitas. Salah satu kebutuhan mutlak untuk para dosen," imbuhnya.(dh)

Pewarta: Jurnalis IPB

Editor : Andi Firdaus


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017