Bogor, 6/11 (ANTARA) - Tiga calon Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) telah ditentukan dan ditetapkan dalam rapat pleno Senat Akademik yang berlangsung, Selasa.

"Tiga calon rektor IPB dari enam bakal calon yang terpilih dalam penjaringan aspirasi  31 Oktober lalu, telah ditetapkan dalam rapat pleno Senat Akademik yang dilaksanakan hari ini," kata Ketua Senat Akademik IPB, Prof Dudung Darusman.

Dudung mengatakan, bahwa pihaknya telah menyampaikan secara tertulis tiga nama calon rektor hasil rapat pleno Senat Akademik yang dilaksanakan dari pukul 09.00 WIB hingga 10.00 WIB tadi kepada Majelis Wali Amanat (MWA).

Ketiga nama calon rektor IPB untuk periode 2012-2017 yang terpilih dalam rapat pleno Senat Akademik tersebut adalah, Dr Asep Saefudin, Prof Dr Herry Suhardiyanto dan Prof Zairin Junior.

"Setelah penetapan tiga calon ini, hasil penetapan langsung diserahkan kepada MWA untuk proses pemilihan selanjutnya yakni memilih satu nama sebagai Rektor IPB," katanya.

Dudung menyatakan bahwa setiap anggota SA memilih tiga calon berdasarkan penilaian kualitatif rekam jejak akademik dan non akademik, serta konsepsi pengembangan IPB pada masa depan.

"Tantangan terbesar adalah bagaimana menjadikan IPB agar dapat kembali menjadi magnet para pemangku kepentingan pertanian, terutama para petani dan nelayan di pedesaan," ujarnya.

Hasil rapat pleno penetapan tiga calon Rektor IPB oleh Senat Akademik dapat dilihat pada situs resmi panitia pemilihan rektor yang dibentuk MWA pada http://ppr.ipb.ac.id.

Ia mengatakan, pemilihan Rektor oleh MWA melalui Sidang Paripurna direncanakan akan berlangsung tanggal 9 hingga 16 November 2012. Para anggota MWA IPB diantaranya, Prof Dr Mohammad Nuh selaku Mendiknas, Dr Suswono, Dr Sugiharto, Prof Dr Didik J.Rachbini, Ahmad Heryawan selaku Gubernur Jawa Barat, Prof Dr Herry Suhardiyanto selaku Rektor IPB dan sejumlah guru besar IPB dan wakil masyarakat yang keseluruhannya berjumlah 21 orang.

Pimpinan MWA IPB saat ini adalah Prof M Chozin, sebagai Ketua, yang dibantu Dr. Ahmad Mukhlis Yusuf (Wakil Ketua) dan Prof Rizal Syarief (Sekretaris).
Pada pemilihan Rektor oleh MWA nanti, Mendikbud memiliki suara sebesar 35 persen. Sisa suara dibagi rata kepada 19 anggota MWA lainnya. Rektor sebagai anggota MWA ex-officio tak memiliki hak suara.

 

Laily R

Pewarta:

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012