Jakarta (Antara Megapolitan) - Kejuaraan "Blibli.com Yonex Sunrise BWF World Junior Championship 2017" di GOR Among Rogo, Yogjakara, 9-22 Oktober sukses memecahkan rekor jumlah peserta untuk ketegori individu yang menembus angka 488 atlet dari 65 negara.

Ketua Panitia Penyelenggara kejuaraan dunia junior, Achmad Budiharto di Jakarta, Kamis mengatakan jumlah ini melebihi peserta yang mengikuti kejuaraan yang sama sebelumnya di Bilbao, Spanyol yaitu berasal dari 52 negara.

"Dengan jumlah ini (negara) maka rekor sebelumnya terpecahkan. Peserta ini mayoritas turun di nomor perorangan," katanya.

Achmad Budiharto berharap dengan banyaknya peserta yang turun pada kejuaraan khusus untuk atlet dibawah usia 19 tahun ini mampu memacu semangat pemain tuan rumah Indonesia untuk meraih hasil terbaik karena ada lima kelas yang dipertandingkan yaitu tunggal putra-putri, ganda putra-putri dan ganda campuran.

Selain itu, pada kejuaraan dunia junior ini juga dipertandingkan kategori beregu campuran yang memperebutkan Piala Suhandinata. Ada 45 negara yang bakal bersaing untuk meraih hasil yang terbaik. Negara yang terlibat selain yang sudah familiar diantaranya adalah Ghana, Mesir, Brazil, Mesir, Latvia, Armenia, Nepal hingga Afrika Selatan.

"Bermain di hadapan publik sendiri menjadi motivasi pemain muda Indonesia untuk meraih gelar juara. Semoga status tuan rumah bisa memberikan energi positif bagi pemain muda kita," katanya menambahkan.

Pria yang juga Sekjen PP PBSI ini berharap atlet Indonesia yang turun di kategori tim bisa memanfaatkan kesempatan yang ada. Pihaknya menargetkan pemain muda Indonesia ini bisa menjadi finalis kejuaraan yang memperebutkan piala yang menggunakan salah satu tokoh bulu tangkis Indonesia itu.

"Perjalanannya memang bertahap. Kita mulai dulu dari babak penyisihan grup. Memang tidak gampang," kata  Achmad Budiharto menegaskan.

Jika kategori tim sudah dilakukan drawing, khusus untuk perorangan baru akan dilaksanakan usai kejuaraan berakhir. Sesuai dengan rencana, drawing baru akan dilakukan pada 14-15 Oktober. Drawing sendiri akan dikawal langsung oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF).

Berikut nama atlet Indonesia yang turun di kejuaraan dunia junior 2017 :

Beregu putra ;
Gatjra Piliang Fiqihilahi Cupu, Ikhsan Leonardo Emanuel Rumbay, Rinov Rivaldy, Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, Muhammad Shohibul Fikri, Ghifari Anandaffa Prihardika, Adnan Maulana, Rehan Naufal Kusharjanto

Beregu putri :
Gregoria Mariska Tunjung, Aurum Oktavia Winata, Choirunnisa, Jauza Fadhila Sugiarto, Ribka Sugiarto, Siti Fadia Silva Ramadhani, Agatha Imanuela, Angelica Wiratama.

    
Tunggal putra :
Gatjra Piliang Fiqihilahi Cupu, Ikhsan Leonardo Emanuel Rumbay, Alberto Alfin Yulianto, Muhammad Rehan Diaz

Tunggal putri :
Gregoria Mariska Tunjung, Aurum Oktavia Winata, Choirunnisa, Asty Dwi Widyaningrum

Ganda putra : 
Muhammad Shohibul Fikri/Adnan Maulana, Ade Bagus Sapta Ramadhany/Ghifari Anandaffa Prihardika, Rinov Rivaldy/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan

Ganda putri :
Jauza Fadhila Sugiarto/Ribka Sugiarto, Siti Fadia Silva Ramadhani/Agatha Imanuela, Serena Kani/Phita Haningtyas Mentari

Ganda campuran :
Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhani, Renaldi Samosir/Herdianan yuli Marbela, Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan/Angelica Wiratama, Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari. 

Pewarta: Bayu Kuncahyo

Editor : Andi Firdaus


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017