Depok, (Antara Megapolitan) - Anggota DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa H. Yaqut Cholil Qoumas mengatakan penguatan ideologi Pancasila pada kehidupan bermasyarakat dan bernegara harus terus digalakkan.

"Bangsa Indonesia terus mengalami ancaman disintegrasi bangsa dari berbagai penjuru. Beragam ideologi baru masuk mencoba mempengaruhi dan mengganti, untuk itu perlu penguatan Pancasila," kata Yaqut Cholil Qoumas dalam keterangan tertulisnya, Kamis.

Gus Yaqut mengatakan hal tersebut saat berada di Gedung Aswaja, Pekalongan dalam acara sosialisasi Empat Pilar dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara dihadapan Pengurus GP Ansor dan Tokoh Masyarakat.

Ia mengatakan saat ini pemuda dan generasi bangsa harus lebih mengenal dan memahami Pancasila dengan baik, karena sebagai dasar Negara Pancasila telah terbukti sebagai perekat persatuan bangsa.

"Kita harus perkuat nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Untuk generasi muda, jangan sampai nilai-nilai itu luntur tergerus pengaruh arus zaman dan harus dibentengi," ujarnya.

Gus Yaqut mengungkapkan, sampai saat ini nilai yang terkandung dalam pancasila telah berbukti dan sesuai dengan kondisi Bangsa Indonesia. Tidak heran, lanjutnya, kuatnya persatuan bangsa Indonesia yang terdiri dari beragam suku, agama, budaya, bahasa dan lainnya tetap kokoh dalam bingkai NKRI menjadi bahan pelajaran bagi negara lain.

Dia mencontohkan, adanya utusan dari Negara dari Timur Tengah yang datang langsung ke Indonesia belajar tentang keberagamaan dan ke-Islaman. "Pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara sebagai pemersatu bangsa. Untuk itu, perlunya adanya political will dalam memasyarakatkan pamcasila,"ujar Ketua Umum GP Ansor ini.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, belakangan ini terasa sekali adanya upaya yang mengarah menggantikan ideologi pancasila. Bahkan, lanjutnya, melalui khotbah, kampus-kampus,kajian dan diskusi yang mengarah pada upaya menggantikan ideologi pancasila dengan khilafah.

Menurutnya, sangat tepat sekali langakah Pemerintah dalam membubarkan organisasi HTI beberapa waktu lalu. "Melalui media sosial dan pendidikan formal perlu adanya penguatan pancasila. Sebab, di tangan generasi mudalah masa depan bangsa dan pancasila sebagai perekat bangsa. Kita berharap keutuhan NKRI terjaga dan kesejahteraan masyarakat akan tercapai," terang Anggota F-PKB Dapil Jawa Tengah X ini.***2***

Pewarta: Feru Lantara

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017