Bogor (Antara Megapolitan) - Institut Pertanian Bogor (IPB) mendapat kunjungan sejumlah delegasi Republik Uzbekistan. Para delegasi ini diterima langsung oleh Rektor IPB, Prof. Dr. Herry Suhardiyanto, di Ruang Sidang Senat Kampus IPB Dramaga Bogor, Kamis (24/8).

Deputi Perdana Menteri Republik Uzbekistan, Mr. Zohir Mirzayev mengutarakan keinginannya untuk menjalin kerja sama dengan IPB dalam hal penelitian dan pengembangan pertanian.

Rektor IPB mengatakan, adalah suatu kehormatan bagi IPB untuk bisa bekerja sama dengan Republik Uzbekistan. Ia berharap kerja sama ini dapat menghasilkan sesuatu yang produktif dan bermanfaat untuk kedua belah pihak.  

Acara kunjungan dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara IPB dengan Directorate of Research Institut of Vegetables, Melons and Potatoes, serta MoU IPB dengan Universitas Tashkent, Republik Uzbekistan.

Prinsipnya kedua belah pihak sepakat untuk menjalin kerja sama. Para pihak sepakat untuk memperkuat dan meningkatkan koordinasi mereka melalui kolaborasi penelitian untuk kepentingan bersama.

Kerja sama dengan Directorate of Research Institut of Vegetables, Melons and Potatoes meliputi penelitian dan pengembangan varietas tanaman baru, pertukaran informasi ilmiah, pertukaran teknologi pertanian yang dilindungi untuk hortikultura (sayuran), pengendalian dan pencegahan penyakit hewan, pertukaran penelitian dan hasil-hasil riset serta bersama-sama mengajukan permohonan untuk program penelitian kolaboratif yang diprakarsai oleh kedua pemerintah atau oleh organisasi internasional.

Sementara itu, kerja sama IPB dengan Universitas Tashkent dalam pelaksanaannya akan fokus pada pengembangan kerja sama di bidang budidaya ikan, dan pertukaran informasi : tentang penelitian yang dilakukan di bidang budidaya ikan.

Kerja sama juga diisi dengan tukar-menukar akademisi dan peneliti yang bekerja di bidang budidaya ikan dengan tujuan meningkatkan keterampilan mereka. (dh).

Pewarta: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017