Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Jawa Barat, menugaskan personel untuk mengatur arus lalu lintas di Underpass Batutulis, Kelurahan Batutulis, yang akan difungsikan Selasa malam ini.

Kepala Dishub Kota Bogor Marse Hendra Saputra di Kota Bogor, Selasa, mengatakan nantinya kendaraan dari arah Cipaku dan dari arah Jalan Batutulis akan dialihkan menuju underpass tersebut.

Sebab, kata Marse, dari informasi yang diterimanya akan ada pengerjaan di perlintasan jpl 10, atau di rel perlintasan Stasiun Batutulis.

“Yang pasti kami siap menugaskan personil untuk pengaturan arus lalu lintasnya selama masa pengerjaan,” ujarnya.

Baca juga: Underpass Batutulis Bogor difungsikan Selasa malam
Baca juga: Pemkot Bogor pastikan drainase Underpass Batutulis berfungsi dengan baik

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Bandung Endang Setiawan menjelaskan, Underpass Batutulis akan mulai beroperasi dengan sistem buka tutup pada Selasa pukul 23.00 WIB hingga Rabu (23/10/2024) pukul 03.00 WIB.

“Dan pada 24 Oktober pukul 04.00 WIB akan dioperasikan secara normal (dari kedua arah),” ucapnya.

Endang menyampaikan, Underpass Batutulis mulai difungsikan lantaran ada pekerjaan pembongkaran di perlintasan jpl 10. Setelah itu, masyarakat seterusnya akan melewati underpass tersebut dan tidak lagi melintas di perlintasan sebidang.

“Karena ada pekerjaan pembongkaran jpl 10. Iya betul (seterusnya melewati underpass),” jelasnya.

Baca juga: Satlantas Polresta Bogor Kota beri catatan pada Underpass Batutulis

Sementara itu, Camat Bogor Selatan Irman Khaerudin bersama pihak kecamatan telah melalukan sosialisasi terkait aktivasi Underpass Batutulis kepada masyarakat. Serta berkoordinasi dengan dinas terkait.

Ia berharap, dengan difungsikannya perlintasan tidak sebidang ini bisa mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di sekitar Stasiun Batutulis.

“Sesuai tujuan awal kan menghindari kemacetan karena arus kereta api. Informasi 2025 juga digunakan dua jalur rencananya, double track,” ucapnya.

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024