Penjabat Bupati Bogor Bachril Bakri tampil mengenakan sarung saat memimpin upacara Hari Santri Nasional 2024 di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Pada peringatan dengan tema "Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan” itu ia menyampaikan pesan kepada para santri yang menjadi peserta upacara agar mereka merengkuh masa depan dengan semangat dan ketekunan.

Menurut dia, Hari Santri Nasional menjadi momentum bersama dalam memperkuat komitmen dalam mengedepankan peran santri untuk mewujudkan cita-cita bangsa ke depan.

Baca juga: Pj. Bupati Bogor hadiri DMI Award Kecamatan Cileungsi peringati Hari Santri
Baca juga: Hari Santri Nasional 2021, Bupati bagikan penghargaan "Bogor Bershalawat"

"Masa depan Indonesia ada di pundak kalian. Rengkuhlah masa depan dengan semangat dan ketekunan. Kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Teruslah berinovasi dan berkontribusi untuk meraih kegemilangan masa depan Indonesia,” ungkap Bachril.

Ia menyebutkan bahwa Hari Santri yang diperingati setiap 22 Oktober merupakan momentum untuk mengenang dan meneladani para santri yang telah memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Sejarah telah mencatat bahwa kaum santri adalah salah satu kelompok yang paling aktif menggelorakan perlawanan terhadap para penjajah,” tuturnya.

Baca juga: Bupati Bogor terbitkan Surat Edaran soal pakaian ala santri bagi ASN

Bachril menekankan bahwa hari santri bukan hanya untuk diperingati oleh kalangan masyarakat pesantren, melainkan untuk dirayakan oleh semua golongan.

“Kepada para santri, semua pasti bisa diraih. Seperti pepatah yang diajarkan di pesantren, 'man jadda wajaDda', barang siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil,” kata Bachril.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024