Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bekasi, Jawa Barat melakukan sosialisasi kepada pemilih pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 segmen anggota organisasi masyarakat atau ormas.
 
"Edukasi pilkada kali ini dilakukan kepada puluhan anggota dan pengurus Dewan Pengurus Wilayah Brigez Kabupaten Bekasi," kata Kepala Divisi Perencanaan Data dan Informasi pada KPU Kabupaten Bekasi Muchamad Iqbal di Cikarang, Sabtu.
 
Ia menyatakan elemen ormas menjadi salah satu sasaran pelaksanaan sosialisasi tahapan pilkada dengan tujuan informasi yang disampaikan dapat diteruskan di seluruh kantong massa masing-masing ormas.
 
KPU Kabupaten Bekasi menjalin kerja sama dengan 60 organisasi masyarakat yang ada di daerah itu untuk pelaksanaan sosialisasi pilkada hingga berakhir masa kampanye.
 
"Brigez ini salah satu ormas kepemudaan yang ada di Kabupaten Bekasi. Tidak hanya Brigez, kami juga bekerja sama dengan KNPI, Karang Taruna dan ormas keagamaan untuk melakukan sosialisasi sampai masa kampanye selesai," katanya.
 
Iqbal mengaku kegiatan sosialisasi ini terus dilakukan agar tingkat partisipasi pemilih Pilkada Serentak 2024 pada 27 November mendatang semakin meningkat, terutama kalangan generasi muda.
 
"Gen Z dan Gen Milenial ini merupakan pemilih mayoritas, berdasarkan data lebih dari 47 persen dari total pemilih di Kabupaten Bekasi," ucapnya.
 
Melalui sosialisasi ini diharapkan para peserta dapat menyebarluaskan informasi seputar hari pelaksanaan, pasangan calon kandidat peserta hingga hal teknis menyangkut tata cara pencoblosan.
 
Dirinya meminta seluruh elemen masyarakat mulai dari tokoh masyarakat, ormas maupun lembaga swadaya masyarakat hingga pihak-pihak terlibat lain untuk berpartisipasi mengawal pelaksanaan Pilkada 2024 agar berjalan aman, lancar dan kondusif.
 
Kemudian mereka juga diharapkan bisa lebih cerdas dalam menyikapi berbagai isu yang berkaitan dengan Pilkada 2024 terutama yang beredar di media sosial.
 
"Kalau secara situasi masih terhitung landai, tidak ada konflik yang berarti. Meski sudah tahap masa kampanye namun situasi masih aman-aman saja. Harapan kami Pilkada 27 November 2024 bisa berjalan kondusif, aman, damai dan lancar," ucapnya.

Ketua DPW BRIGEZ Kabupaten Bekasi Dede Khoer Effendi menyambut baik upaya KPU turun langsung memberikan pemahaman kepada generasi muda tentang penting berpartisipasi dalam Pilkada 2024 dengan menggunakan hak pilih untuk menentukan pemimpin daerah lima tahun ke depan. 
 
Menurut dia peran organisasi masyarakat dalam Pilkada 2024 penting sebagai mitra strategis pemerintah daerah dalam menyukseskan pesta demokrasi rakyat tersebut.
 
Keanggotaan Brigez yang didominasi generasi muda dengan semangat persatuan dan kesatuan berkomitmen untuk mendukung tahapan Pilkada 2024 berlangsung secara kondusif.
 
"Generasi muda sebagai garda terdepan bisa mengawal pelaksanaan pilkada agar bisa berjalan aman dan damai," ucapnya. 
 
Dede menyebutkan Pilkada Serentak 2024 menghadapi berbagai tantangan kompleks seperti informasi hoaks, politisasi isu-isu sensitif dan ujaran kebencian yang dapat memecah belah masyarakat.
 
Ia menegaskan kepada seluruh jajaran pengurus dan anggota Brigez agar dapat menjadi pilar dalam upaya pencegahan dan penanganan potensi konflik sosial tersebut.
 
"Kami juga terus mengimbau kepada jajaran pengurus di tingkat kecamatan untuk membangun sinergi, mulai dari tahap sosialisasi hingga pengawasan proses pemungutan dan penghitungan suara sehingga Pilkada berjalan aman dan damai sesuai prinsip-prinsip demokrasi," katanya.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024