Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, hingga saat ini sudah mampu menekan volume sampah yang dibuang ke  Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kebon Kongok, Lombok Barat, sampai 40-60 ton per hari.

Kepala Bidang (Kabid) Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram Vidi Partisan Yuris Gamanjaya di Mataram, Kamis, mengatakan, awalnya volume sampah yang dibuang ke TPA mencapai 220-240 ton per hari.

"Sekarang sudah mencapai sekitar 184 ton per hari, tapi itu termasuk sampah basah," katanya.

Baca juga: TPST Sandubaya ubah limbah plastik di Mataram NTB jadi bata beton yang kuat dan ringan

Sampah basah itu, menurutnya, merupakan sampah yang diangkut petugas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Mataram dari sungai atau saluran dan sudah tidak bisa diolah.

"Sampah basah yang diangkut PUPR bisa dikatakan sampah wajib buang, sebab sudah tidak bisa diolah," katanya.

Menurutnya, salah satu faktor menurunnya volume sampah yang dibuang ke TPA karena Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) modern Sandubaya kini sudah beroperasi secara maksimal.

Khusus untuk sampah yang diolah di TPST modern Sandubaya sehari mencapai sekitar 46 ton dari dua kecamatan yakni Kecamatan Sandubaya dan Cakranegara.

Baca juga: DLH Mataram alihkan truk sampah ke TPST Sandubaya dampak penutupan TPA Kebon Kongok

Setelah dipilah dan diolah, lanjutnya, dari 46 ton itu residu yang buang ke TPA Kebon Kongok, Lombok Barat, sebanyak 6 ton atau dua dump truk.

"Sisanya sekitar 40 ton, kami olah menjadi pakan maggot untuk sampah organik sisa makanan dan batako atau paving block untuk sampah plastik," katanya.

Keberadaan TPST modern Sandubaya itu, katanya, memberikan andil dalam upaya efisiensi operasional pembuangan sampah ke TPA dan sebaliknya memberikan dampak ekonomis bagi masyarakat dan pemerintah daerah.

"Maggot yang kami produksi dijual dan uang-nya masuk ke kas daerah, sedangkan paving block aturan kami kami kaji untuk dikomersialkan," katanya.

Baca juga: Pemkot Mataram uji coba batako hasil olahan dari sampah plastik di RTH Pagutan

Pengurangan volume sampah yang dibuang ke TPA, tambahnya, juga dipengaruhi karena gencar-nya program pemilahan sampah dari rumah tangga.

"Gerakan pemilahan sampah dari rumah tangga juga efektif mengurangi volume sampah yang dibuang ke TPA," katanya.

Pewarta: Nirkomala

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024